IDN Blogger

Cara Investasi Emas Untuk Pemula

Idnblogger.id – Memiliki penghasilan tetap bukan jaminan untuk kalian sejahtera di masa tua nanti,untuk menjamin masa depan kalian atau masa tua kalian ada satu cara agar masa depan kalian terjamin yakni dengan sadar berinvestasi sejak dini. ada banyak macam investasi yang bisa kalian pilih seperti reksadana, saham, deposito, emas dan banyak lagi.  di jenis terakhir yang saya sebutkan adalah emas.

Cara Investasi Emas Untuk Pemula
Cara Investasi Emas Untuk Pemula

 

Emas Menjadi investasi yang sangat polpuler dikalangan investor dan non investor karena emas sangat ramah bagi pemula seperti kita, dengan idn membuat artikel cara investasi untuk pemula  berharap dengan gini banyak lahir investor investor muda baru yang sangan banyak yang akan berinvestasi ke emas.

Karena popularitasnya yang kian meninggi, banyak orang yang mulai beralih ke investasi emas. Tak perlu khawatir apabila Anda termasuk yang ingin berinvestasi di logam mulia ini namun tidak mengetahui cara investasi emas yang aman. Tapi sebenarnya bagaimana cara investasi emas yang aman untuk pemula? Berikut ulasannya.

Cara Investasi Emas Untuk Pemula

1. Pastikan Tujuan Investasi Emas

mengetahui Plan atau tujuan kalian berinvestasi adalah langkah awal memulai investasi emas, pastikan kalian sudah punya tujuan berinvestasi emas di gunakan apa kelak. Banyak tujuan yang bisa kalian jadikan target dalam kalian berinvestasi emas, berikut ini contoh tujuan berinvestasi emas apakah untuk pendidikan, hari tua, tabungan pernikahan atau membeli rumah.

sebagai contoh, anda sudah memplaning dalam waktu 20 thn kedepan akan berhendi bekerja atau pensiun dini dan memulai usaha

Atau sebagai contoh, Anda sudah menargetkan dalam kurun 10 tahun ke depan akan berhenti bekerja dan memulai usaha sendiri. Kemudian penghasilan dari gaji Anda sebagian disisihkan dan diinvestasikan di emas. Jika sudah memiliki tujuan yang jelas seperti ini maka Anda akan lebih tahu berapa besaran emas yang diinvestasikan setiap bulannya. Itulah cara investasi emas yang aman pertama bagi pemula.

2.   Pantau Harga Emas

Sebelum Kalian membeli emas sebaiknya kalian cek dan pantau harga emas di berbagai sumber bisa di situs emas antam, pegadaian, atau pun toko emas di sekitar anda. disana kalian akan mendapatkan harga emas lebih detail seperti harga per gram, setengah gram, lima gram, dua gram, hingga 100 gram daripada berita ekonomi setelah tau harga nya kalian bisa pantau harga emas tahun sebelumnya dan bandingkan dengan harga hari ini. memantau harga emas bermanfaat untuk mendapatkan untung yang besar kita bisa mem beli jika mendapatkan momentum harga emas turun dan kita bisa menjual saat secara tiba-tiba harga emas melonjak tinggi, Anda juga mempunyai pilihan untuk kemudian menjualnya. Namun perlu dipahami bahwa investasi emas sebaiknya dilakukan untuk jenis investasi jangka panjang yakni dalam kurun waktu 5-10 tahun. Itu cara investasi emas yang kedua.

3. Pilih tempat beli emas yang terpecaya

Semakin berkembangnya teknologi semakin maju teknologi investasi kita dulu kita membeli emas sebelum ada nya teknologi kita harus datang ketempat penjual emas nya yang memakan banyak waktu dan tenaga dengan seiring nya perkembangan teknologi semakin mudah kita berinvestasi cukup duduk dirumah kita bisa mempunyai emas untuk berinvestasi, kenapa kita harus memilih tempat yang terpecaya ya itu dikarenakan kita tidak mau uang untuk investasi di bawa kabur orang, sudah banyak kasus serupa jadi kita harus jeli dimana kita akan berinvestasi jika kalian berinvestais emas kalian pilih platfrom yang sudah di regulasi bappebti  kalian bisa cek toko atau aplikasi penjualan emas yang sudah di regulasi bappebti di link ini bappebti

jika kalian malas mengeceknya kami punya rekomendasi untuk kalian membeli emas sesuai dengan ketentuan bappebti :

Rekomendasi Pembelian emas :

  1. Lakuemas (online)

  2. Tamasia (online)

  3. Pegadaian (offline dan online)

  4. Pluang (online)

  5. Dinaran (online)

Kalian bisa melakukan pembelian dengan  aplikasi diatas sesuai rekomendasi kami.

note : offline dan online adalah cara pembelian yang dilakukan di platform tersebut

4. Pilih tempat penyimpanan

Selain tempat beli yang kalian harus perhitungkan kalian juga harus memperhitungan penyimpanan emas kalian jika membeli emas fisik, barang tersebut dapat disimpan di safety box di rumah, safe deposit box di bank, menyimpan di Pegadaian, atau memanfaatkan layanan Brankas LM dari Antam. setiap platform mempunyai tempat penyimpanan sendiri kalian tinggal pilih yang mana dan semua pastinya aman.

5. Menjual untuk masa depan

terakhir kalian bisa menjual emas kalian tapi tunggu dulu kalian sebelum menjual perhatikan hal berikut

  1. Spread (Selisih)
  2. Harga jual dan beli
  3. biaya penyimpanan
  4. dan lama waktunya

Kalian harus memperhitungan ke4 point diatas agar kalian dapat mendapatkan profit yang besar pastikan kalian paham dulu instrument investasi yang ingin kalian masuk i sebelum kalian menaruh semua uang kalian, sekian semoga coretan tulisan saya bermanfaat.

 

 

Yudha Pratama

Add comment

Ikuti Kami

Jangan malu untuk menjadi bagian dari kami. Ikuti halaman fanspage kami untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami.