Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Membeli Set Top Box (STB) Untuk TV Digital

Secara resmi pada tahun 2022 siaran TV analog akan segera diberhentikan dan digantikan oleh siaran TV digital, hal tersebut sudah di resmikan oleh pemerintah Indonesia untuk segera migrasi dari siaran tv analog ke siaran tv digital.

Dengan siaran TV Digital, kita akan bisa menikmati siaran tv dengan kualitas HD (High Definition) yang jauh lebih tajam, lebih jernih dan juga lebih canggih daripada teknologi sebelumnya yaitu siaran TV Analog.

Untuk bisa menikmati siaran TV Digital, kita memerlukan suatu perangkat yang bernama Set Top Box (STB) DVBT2. Set Top Box merupakan perangkat penting dalam kegiatan migrasi dari siaran tv analog ke siaran tv digital. Ada beberapa Set Top Box (STB) murah yang bisa kalian beli, tapi sebelum itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli Set Top Box ini, simak dibawah ini!

Hal yang wajib diperhatikan ketika ingin membeli sebuah set top box

Sebelum beli STB ada baiknya kita perlu riset terlebih dahulu mana STB yang bisa kita gunakan untuk menikmati siaran tv digital, karena ada STB dengan beda type atau jenis. Seperti STB android yang dimana stb tersebut ada beberapa yang tidak memiliki port antenna, maka dari itu sebelum membeli stb untuk siaran tv digital perhatikan hal-hal dibawah ini.

1. Pilihlah STB yang sudah direkomendasikan dan bersertifikat dari kominfo

Sudah ada beberapa set top box yang sudah bersertifikat dari kominfo dan juga set top box memiliki harga yang ramah dikantong. Untuk STB yang sudah bersertifikat dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia antara lain adalah:

  • NEXMEDIA NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD
  • POLYTRON PDV 600T2
  • ICHIKO 8000HD
  • AKARI ADS-2230
  • AKARI ADS-210

Untuk kalian yang ingin melihat merk, type atau model STB yang sudah bersertifikat dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia kalian bisa kunjungi link berikut https://siarandigital.kominfo.go.id/informasi/perangkat-televisi

2. Cek sinyal digital di daerah kalian

Bagaimana cara cek sinyal tv digital makai aplikasi? untuk melakukan pengecekan pada sinyal digital didaerah kalian juga merupakan hal yang penting, karena tidak semua sinyal digital sudah mencakup semua daerah. Untuk bisa mengetahui daerah kalian sudah tercover oleh sinyal digital atau belum, kalian bisa menggunakan smartphone kalian dengan mendownload aplikasi sinyalTVdigital di playstore.

sebelum membeli set top box tv digital, cek sinyalnya dengan aplikasi sinyalTVdigital

Dengan menggunakan aplikasi sinyalTVdigital, kalian bisa cek sinyal tv digital apa aja yang sudah tersedia di daerah kalian, penggunaan aplikasi tersebut cukup mudah kalian bisa membacanya di artikel berikut (baca juga : cek sinyal tv digital dengan aplikasi android).

3. Riset dan perhatikan fitur dan dukungan pada STB yang ingin dibeli

Untuk kalian yang membeli stb agar bisa menikmati siaran tv digital, kalian harus memperhatikan fitur dan dukungan apa saja yang diberikan oleh stb yang ingin kalian beli itu. Kalian harus benar benar memilih set top box (STB) mana yang kompatible dengan TV Analog kalian dirumah.

Set top box murah dengan banyak fitur

jika kalian ragu dengan stb yang ingin kalian beli, lakukan riset atau melihat review review terlebih dahulu baik itu dari artikel blog, ataupun video youtube.

Pastikan untuk STB yang kalian beli itu sudah mendukung output untuk HDMI, karena dengan menggunakan HDMI kualitas yang kalian tonton itu menjadi lebih bagus, daripada harus menggunakan kabel atau output yang masih menggunakan RCA.

4. Pilih STB yang sesuai dengan kebutuhan dan Dana kalian

Untuk STB DVBT2 memiliki banyak fitur, dukungan serta memiliki harga yang berbeda-beda dari setiap merk, jenis ataupun model. Untuk set top box tv digital kalian bisa beli sesuai dengan kebutuhan kalian dan juga budget atau dana yang kalian miliki.

Banyak set top box (STB) murah tapi tidak murahan yang bisa kalian beli. Tentunya balik lagi ke point nomor 3, kalian harus melakukan riset terlebih dahulu agar kalian paham dan tahu set top box seperti apa yang akan kalian beli nantinya.

Itulah beberapa hal yang perlu kalian perhatikan saat sebelum membeli set top box (STB) untuk siaran TV digital, semoga artikel yang saya share ini dapat bermanfaat dan juga bisa memberikan informasi yang bagus untuk kalian para pembaca. Silakan tinggalkan komentar dibawah jika ada kekurangan ataupun hal yang ingin ditanyakan.

Leave a Comment