IDN Blogger
Perangkat yang harus disiapkan untuk menonton siaran tv digital

Migrasi TV Analog Ke TV Digital, Ini Dia Perangkat Yang Perlu Disiapkan

Beberapa dari kalian mungkin sudah ada yang mengetahui kalau Indonesia akan segera mematikan siaran tv analog yaitu paling lambat sekitar 22 November 2022 yang diberitahukan oleh kemenkominfo. Nah dengan mematikan siaran tv analog, tentunya kita akan melakukan migrasi siaran tv yaitu dari siaran tv analog ke siaran tv digital.

Untuk saat ini penghentian siaran analog sedang berlangsung dibeberapa daerah di Indonesia. Dengan kita menggunakan siaran tv digital, kita akan mendapatkan kualitas gambar yang lebih jernih dan tidak berbintik atau biasa disebut dengan semut.

Perlu diingat, siaran tv digital ini bukanlah siaran streaming yang dimana kalian diharuskan untuk berlangganan jaringan internet dirumah kalian masing-masing. Siaran tv digital ini bisa kalian nikmati dengan menggunakan perangkat yang sudah support atau sudah mendukung layanan siaran digital.

Jika dirumah kalian masing menggunakan tv tabung, kalian tidak perlu membeli tv baru untuk bisa menikmati siaran tv digital ini. Kalian hanya perlu menambahkan perangkat yang bernama STB atau Set top box yang sudah bisa menerima sinyal digital.

STB yang dihubungkan pada perangkat TV  analog kalian dirumah adalah STB jenis DVB-T2.

Apa fungsi STB DVB-T2 ini?

STB DVB-T2 memiliki fungsi untuk mengubah sinyal digital yang di terima oleh antena menjadi sinyal analog yang dimana agar sinyal analog yang sudah diubah oleh STB dapat ditampilkan di TV analog yang kalian miliki.

Untuk bisa mendapatkan STB DVB-T2 ini kalian bisa menemukannya di e-commerce andalan kalian masing masing, dan untuk rekomendasi dan harga STB DVB-T2 murah itu banyak, biasanya harganya sekitar kurang lebih 300ribu dan banyak yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing, jika kalian bingung mungkin bisa melakukan riset terlebih dahulu seperti di youtube, google, atau pengalaman orang lain sebelum membeli STB DVB-T2.

Dilansir oleh kompas.com (30/01/2021) di artikel tersebut kalau warga yang kurang mampu akan mendapatkan subsidi STB dari kominfo. Bapak Geryantika Kurnia Selaku Direktur Penyiaran Kementrian Kominfo RI berkata, “Lagi memastikan jumlah keluarga miskin yang harus disubsidi dan mekanismenya supaya tepat sasaran.” pada artikel kompas.com (30/01/2021).

Perangkat yang perlu disiapkan untuk migrasi siaran TV Analog ke siaran TV Digital

1. Antena 

Sebenarnya sih untuk antena ini optional karena dengan menggunakan antena UHF saja seharusnya kita sudah bisa menerima sinyal digital, hanya tinggal kita arahkan saja arah antena UHF yang kita gunakan kearah tower BTS pemancar sinyal siaran TV Digital.

Untuk bisa mengetahui kemana arah sinyal siaran TV digital di daerah kita berada, kita bisa menggunakan aplikasi android untuk mengetahui sinyal tv digital kita itu ada di arah mana.

2. Televisi

Yap ini sih sudah jelas ya hehe,, Walaupun kalian memiliki tv tabung pun seharusnya bisa digunakan untuk bisa menikmati siaran TV digital jadi kalian tidak perlu membeli tv baru untuk bisa menikmati siaran tv digital.

3. STB DVB-T2 

Untuk STB DVB-T2 ini banyak jenisnya dan juga masing masing dari stb dengan beda brand tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Diperlukan riset sebelum membeli perangkat satu ini, untuk riset cukup mudah karena banyak yang sudah mereview STB DVB-T2 ini di google dan youtube.

Akhir kata

Mungkin ini yang bisa saya share mengenai perangkat apa saja yang perlu disiapkan untuk migrasi ke siaran tv digital, semoga dapat bermanfaat, dan juga selamat menikmati siaran TV digital yang lebih bersih dan jernih dibandingkan dengan siaran tv analog.

Add comment

Ikuti Kami

Jangan malu untuk menjadi bagian dari kami. Ikuti halaman fanspage kami untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami.