IDN Blogger
Manfaat Personal branding di zaman digital

Manfaat Membangun Personal Branding Di Zaman Digital

Sekarang kita hidup di zaman serba digital, serba online, serba cepat dan mudah. Dengan semakin majunya perkembangan teknologi hal ini tentunya menyebabkan banyak perubahaan yang luar biasa yang bisa terjadi di sekitar kita.

Dahulu kita jika ingin ngobrol, berinteraksi kepada orang tentunya kita melakukannya secara langsung mungkin dari berinteraksi secara langsungnya itu hanya sebatas di lingkungan kita saja, seperti lingkungan rumah, sekolah ataupun pekerjaan.

Tetapi sekarang zamannya serba digital, mulai dari dompet, uang, pesan makanan sampai berinteraksi pun kita melalui media digital. Yap facebook, whatsapp, instagram, twitter dan BBM yang pada jamannya ramai digunakan merupakan bukti perkembangan zaman itu selalu berkembang setiap waktu.

Dengan berkembangnya software media sosial, user atau pengguna media sosial pun memanfaatkannya. Banyak orang orang disekitar kita yang mungkin tidak kita ketahui sudah memanfaatkan sosial media sebagai personal branding, mengembangkan karir, mengembangan bisnis yang mereka punya, mengembangkan komunitas dan sebagainya.

Jika kita melihat ke salah satu media sosial seperti facebook. Di facebook banyak group, akun personal yang sering memposting skill atau keahlian mereka, seperti dalam bidang teknologi, dalam bidang bisnis, dalam bidang kedokteran mungkin? seperti membagikan tips tips atau hal lainnya mungkin? contohnya saja seperti Dokter Tirta di akun instagramnya.

Di akun instagram Dokter Tirta, beliau memanfaatkan sosial media miliknya sebagai personal branding seperti mempromosikan bisnisnya, membagikan tips tips kesehatan dan lain lain.

Hanya sekedar berbagi saja, disini saya akan sharing tentang manfaat membangun personal branding di zaman era digital saat ini, semoga artikel ini bisa dapat bermanfaat untuk kalian. Gunakan kolom komentar untuk mengomentasi artikel ini jika ada miss info ataupun kritik dan sarannya.

Pengertian personal branding

Singkat saja, personal branding merupakan sebuah proses dimana proses tersebut adalah cara bagaimana cara kita memasarkan diri kita kepada orang lain atau kepada target kita baik itu dalam dunia nyata (real life) ataupun dalam dunia digital (contohnya sosial media).

Dalam postingan facebook Popaper tertulis bahwa Andrew Ardianto pernah berkata, “banyak orang yang sukses dengan cara memanfaatkan dunia digital secara maksimal.”

Apa pentingnya personal branding bagi usaha di sosial media saat ini di zaman digital?

Jika kalian atau kita adalah merupakan pengusaha. Personal branding di sosial media sangatlah penting karena dengan itu kita bisa membangun sebuah kepercayaan. Untuk bisa mendapatkan kepercayaan kita diharuskan untuk melakukan tindakan nyata yang kuta yang bukan hanya berupa omong kosong belaka.

Contohnya, jika kalian seorang engineer atau mungkin kalian penggiat teknologi. Dengan menggunakan sosial kalian bisa share atau posting postingan yang sudah kalian kerjakan hingga goals contohnya mungkin seperti project yang pernah kalian lakukan dan project itu sukses.

Dengan begitu kalian bisa menunjukan kepada orang lain atau kepada audiens kalian, kalau kalian itu memiliki keterampilan dibidang tersebut dan ahli dalam bidang yang kalian tekuni.

Manfaat personal branding di era zaman digital

1. Dapat membangun kepercayaan

Untuk membangun kepercayaan kita diharuskan melakukan sesuatu tindakan yang nyata dan kuat untuk bisa menunjukan bahwa kalian memiliki keterampilan yang berguna untuk orang lain.

Contohnya saja kalian seorang teknisi handphone atau laptop, kalian memiliki sosial media seperti facebook dan media sharing seperti youtube atau sebuah blog atau website.

Saat kalian sering share seperti tentang saat kalian melakukan repair handphone atau laptop baik itu di social media ataupun media sharing seperti youtube dan kalian sudah selesai repair hingga device yang kalian kerjakan itu kembali bekerja dengan normal, tentu dengan begitu orang orang akan melihat kalau kalian memiliki skill dibidang tersebut.

2. Mudah dalam membentuk karir

Manfaat personal branding lainnya adalah mudahnya membentuk karir. Dengan kalian memiliki personal branding, tentunya ada kemungkinan kalian bisa membangun keyakinan kepada orang orang yang ingin kalian ajak kerjasama.

Contohnya jika ada seseorang yang ingin membangun sebuah usaha yang dimulai dari kecil alias dari 0, dan orang tersebut membutuhkan seseorang yang ahli dalam bidang nya masing masing contohnya membutuhkan seorang yang ahli dalam IT.

Dengan kita memiliki personal branding yang berfokus pada bidang IT ada kemungkinan kita akan di lirik dan ditawarkan kerjasama, sebab kita telah menunjukan bahwa kita mempunyai skill yang dibutuhkan oleh orang tersebut yang mungkin saja melihat melihat postingan kita yang professional dalam mengerjakan suatau hal baik itu di sosial media, media sharing atau lainnya.

3. Membangun atau memperluas koneksi dengan orang lain

Saat kita sedang meng-upgrade skill atau keahlian dan kita share atau kita menunjukannya ke media sosial itu bisa menjadi sebuah keuntungan buat kita.

Contohnya saja kita sering posting tentang blog seperti tips trick dalam ngeblog atau artikel tentang yang ada kaitannya dengan blog/blogger di media sosial contohnya facebook dan fokus pada bidang tersebut.

Maka ada kemungkinan besar kita akan menemukan orang orang yang mungkin bisa dibilang ahli dalam bidang yang sedang kita tekuni yaitu tentang blog dan kita bisa membangun koneksi dengan orang tersebut, siapa tahu kita bisa bekerjasama atau saling tukar informasi dan pengalaman.

4. Dapat meningkatkan kredibilitas kalian

Jika personal branding yang kita miliki saat ini bisa dapat menunjukan hal hal yang positif dan berguna untuk orang lain, tentu kredibilitas mu akan meningkat.

Dan mungkin perlahan tapi pasti kalian bisa dikenal oleh banyak orang dengan skill kalian yang memiliki hal positif dan bisa berguna untuk banyak orang.

5. Belajar menjadi lebih baik dari sebelumnya

Kalau kita memiliki personal branding tentunya setiap detik, menit, jam bahkan hari kita akan terus belajar agar menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya agar personal branding yang sudah kita bangun bisa lebih baik di mata orang daripada sebelumnya.

Contohnya kita memiliki personal branding di sebuah media sharing seperti youtube, tentunya kita semakin hari akan terus belajar seperti membawakan informasi atau tema yang ingin dibicara kepada audiens menjadi lebih baik dalam segi ucapan, gaya bicara dan hal lainnya.

Contoh lainnya jika kita memiliki personal branding dalam bentuk tulisan seperti disebuah blog ataupun website. Tentunya kita akan belajar agar bagaimana tulisan kita bisa nyaman dibaca oleh para audiens atau para pengunjung kita agar mereka bisa betah berlama lama di blog atau website kita.

Untuk membangun personal branding tidak hanya memanfaatkan sosial media saja, kita bisa membangun personal branding dengan membangun website ataupun membangun channel seperti di youtube.

Lebih baik lagi kita membangun personal branding kita dengan menggunakan media sharing seperti blog/youtube dan media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan lainnya.

Jika kita ingin membangun personal branding di website atau blog, tentunya kita diwajibkan memiliki sebuah wadah dan nama untuk menunjukannya kepada banyak orang. Wadah yang dimaksud disini adalah sebuah hosting dan nama yang dimaksud adalah sebuah nama domain.

Untuk membangun personal branding dengan menggunakan website kita harus memiliki hosting, tetapi terdapat bebagai macam hosting seperti cloud hosting dan shared hosting.

Tetapi manakah yang cocok untuk kita yang ingin membangun personal branding? apakah perbedaan antara shared hosting dan cloud hosting ini? kita harus mencari tahu tentang kedua hal itu sebelum membeli hosting yang nantinya akan kita gunakan sebagai personal branding.

Mungkin ini saja yang bisa saya bagikan tentang manfaat personal branding di zaman era digital, artikel diatas hanya beberapa saja manfaat dari membangun personal branding. Mungkin dari kalian yang telah membacanya ada yang ingin menambahkan? tulis di kolom komentar ya.

Add comment

Ikuti Kami

Jangan malu untuk menjadi bagian dari kami. Ikuti halaman fanspage kami untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami.