IDN Blogger
Cara Terbaik Mengatasi Rasa Malas saat Menulis

Cara Terbaik Mengatasi Rasa Malas saat Menulis, di Jamin Ampuh

Cara Terbaik Mengatasi Rasa Malas saat Menulisdi Jamin Ampuh

Menulis adalah sebuah aktivitas yang menyenangkan. Dengan menulis kita bisa menyampaikan beberapa hal yang mungkin tidak bisa kita sampaikan secara langsung dengan Orang lain. Namun terkadang juga muncul rasa malas dan membosankan saat menulis. Karena memang menulis juga membutuhkan pemikiran yang cukup untuk bisa meng-Explore ide-ide yang akan di tuangkan dalam Tulisan.

Lalu bagaimana cara mengatasi rasa malas dan membosankan saat menulis?. Sebagai orang yang suka menulis, saya kerap juga merasakan bosan saat menulis, terlebih lagi saat sedang igin mengejar waktu. Pastinya pemikiran akan terasa bekerja lebih keras untuk mencari insfirasi dan Referensi untuk menulis. Berikut ini adalah tips dan cara yang sering saya lakukan saat merasa bosan saat menulis, apa saja yukss, mari kita lihat sama-sama.

Cara Mengatasi Rasa Malas saat Menulis

1. Fikirkan Terlebih dahulu apa yang akan menjadi Topik Penulisan

Sebelum Mulai menulis ada baiknya memikirkan dulu apa yang akan di tulis nantinya, Kenapa?. karena dengan memikirkan terlebih dahulu apa yang akan di Tulis akan membuat tulisan nantinya lebih terstruktur.

Jadi saat mulai menulis nantinya kita tidak perlu lagi memikirkan apa yang harus di Tulis lebih awal, apa yang harus menjadi ending, apa yang harus menjadi topik inti dalam tulisan nantinya.

2. Buat Konsep Tulisan

Sebelum menulis baiknya juga menyiapkan konsep tentang tulisan yang akan di tulis. agar tulisan nantinya kan terlihat lebih rapi. Dengan membuat konsep juga menjadikan tulisan akan lebih terarah, jadi kita tidak perlutakut untuk melompat menulis ke bagian-bagian terpenting terlebih dahulu

3. Biarkan menulis dengan Rileks

Yang perlu di perhatikan saat menulis nantinya, jangan berhenti saat insfirasi mulai datang dan mulai terkonsep saat menulis.Biarkan saja menulis mengalir sampai insfirasi tersebut berhenti dengan sendirinya. Maksudnya, kan biasanya kita tuh sering, saat sedang asik menulis, saat insfirasi ada malah berhenti, Nah itu mestinya harus tetap di lanjutkan. Biarkan menulis mengalis sesuai dengan laju Insfirasi yang sudah tertuang.

4. Mengarang Bebas

Mengarang bebas adalah cara terampuh untuk menghilangkan rasa bosan dan Malas saat menulis. Karena dengan Mengarang bebas kita kan menulis sesuai dengan apa yang ingin kita tulis, tanpa ada tekanan dari manapun.

misalkan menulis cerita Traveling yang menarik. Bercerita bebas dan meluapkan apa yang ada terlintas dalam fikiran akan membuat menulis jauh lebih asik dan seru

5.Membaca Sebelum Menulis

cara mengatasi malas saat menulis

Banyak Baca banyak pengetahuan, itu adalah sebuah peribahasa yang banyak mengandung makna, dimana dengan banyak membaca kita akan lebih leluasa untuk mengExplore ruang fikir kita. Dengan banyak membaca juga akan membuat menulis jauh lebih baik, dengan menjadikan bacaan kita sebagai referensi untuk tulisan kita.

6. Berhenti menulis saat mulai terasa Berat

Memaksakan untuk terus menulis saat kondisi fikiran mulai terasa berat akan menyebabkan bengong yang berkepanjangan di depan layar Komputer kalian. Jika sudah di rasakan cukup berat berhentilah menulis. karena melanjutkan tanpa kepastian akan percuma. Duh apa sih, malah baperan!!!.

Berhenti sejenak dan mereFress fikiran kembali adalah pilihan yang baik untuk menghilangkan rasa malas dan Bosan saat menulis.

Penutup

Sebagai penutup, Mulailah menulis apa yang di sukai, karena menulis apa yang di sukai adalah cara terbaik mengatasi rasa Malas saat Menulis. Dengan menulis apa yang di sukai Otak dan Fikiran tidak prlu bekerja lebih extra untuk menuntukan topik yang pas untuk di Tulis ke dalam sebuah cerita.

Tabik

 

Trio Saputra

Hello, saya Trio Saputra
seorang blogger yang sangat menyukai traveling dan budaya
saya sering menceritakan hasil traveling saya di Blog pribadi

mau lihat cerita seru dan unik perjalanan traveling saya, boleh kunjungi
www.sepatukusam.com :v

Add comment

Ikuti Kami

Jangan malu untuk menjadi bagian dari kami. Ikuti halaman fanspage kami untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami.