IDN Blogger
Proses Menulis Sebuah Artikel Yang Seo Friendly

Proses Menulis Sebuah Artikel Yang Seo Friendly

Proses Menulis Sebuah Artikel Yang Seo Friendly – Menulis merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan tergantung pada ide penulis. Media dalam menulis banyak sekali bentuknya, mulai dari di buku , koran , hingga blog.

Karena pada artikel ini temanya tentang blog , maka kita akan membahas secara lengkap mengenai proses menulis artikel yang baik dan benar serta seo friendly.

Bagi orang awam melihat menulis artikel tampaknya sangat mudah , hanya perlu menulis dan meletakkan gambar , dah itu aja.

Padahal aslinya menulis itu sesuatu yang….

Dah gak usah di pikir , lanjut, dalam menulis artikel di kita awali dengan :

1. Menentukan Ide Untuk Dijadikan Artikel

 

Sebelum mulai menulis artikel kita harus mencari dan menentukan ide terlebih dahulu apa yang mau kita tulis. Ide tersebut bisa muncul dari pengalaman yang kita alami , pengalaman orang, televisi, membaca buku , dan masih banyak yang lainnya.

2. Menentukan Judul Artikel

 

Setelah menemukan ide tentang apa yang akan ditulis , langkah selanjutnya adalah menentukan judul artikel. Dalam menentukan judul artikel tidak boleh sembarangan karena harus melalui riset terlebih dahulu.

Mengapa harus riset terlebih dahulu ? Ya untuk mengetahui apa yang kita tulis itu apakah ada volume pencariannya atau tidak , istilah nya mencari page view alias visitor.

Mengapa harus mencari page view alias visitor ? Supaya artikel kita yang kita buat itu tidak sia-sia , pastinya sedih dong membuat artikel berjam-jam tetapi tidak ada yang lihat , betul kan ?

Riset kata kunci adalah inti dari dalam menulis artikel , dari hasil riset kata kunci tersebut kita bisa menentukan judul artikel, mengetahui volume pencarian artikel yang akan ditulis , serta mengetahui cpc artikel tersebut ( apabila blog sudah monetisasi ) .

Dalam meriset kata kunci , saya sering menggunakan alat gratisan seperti Google Trend dan UberSuggest. Ya walaupun masih banyak alat riset kunci seperti Ahref, Semrush , Moz , Keyword Planner , dll.

3. Menulis Artikel

 

Apakah kamu sudah menemukan kata kunci untuk dijadikan artikel ? Jika sudah , maka saatnya kita menulis artikel !  Eits bentar dulu , masih ada yang kelewatan.

Sebelum menulis , kita cek terlebih dahulu kata kunci pada judul yang dibuat di penelusuran Google. Kita cek terlebih dahulu blog kompetitor , baca baik-baik artikelnya serta lihatlah apa yang kurang dari blog tersebut. Jika blog kompetitor jumlah katanya hanya 500 kata dan penjelasan kurang lengkap maka kamu harus menulis 1000 kata dengan penjelasan yang lengkap dan terstruktur.

Gunakanlah bahasa yang baik dan mudah dicerna , tidak usah banyak basa-basi , dan tentukan poin penting artikel yang kamu tulis lewat penggunaan subheading (H2) .

4. Gambar 

 

Yey penulisan artikel sudah selesai , terus selanjutnya apa ? Selanjutnya adalah mencari gambar untuk dijadikan image artikelmu.

Dalam menentukan gambar usahakan menggunakan yang bebas hak cipta , contohnya gambar dari Pixabay. Apabila sudah menemukan gambar, jangan lupa untuk di kompres terlebih dahulu agar blog tidak lambat saat diakses.

Jika kamu mengambil gambar dari blog orang , jangan lupa untuk mencantumkan sumbernya.

Itulah 4 komponen penting dalam proses menulis artikel. Selain komponen-komponen tersebut masih ada lagi cara agar artikel blog kita mudah muncul di mesin pencari yaitu dengan penerapan SEO ( Search Engine Optimization ).

Berikut adalah unsur artikel yang seo friendly :

1. Internal Link dan External Link

 

Internal link merupakan link yang mengarah kedalam lingkungan website sedangkan external link merupakan link yang mengarah di luar lingkungan website.

Sebuah artikel yang seo friendly pasti terdapat internal link dan external link. Beberapa waktu terakhir google sudah menyatakan bahwa internal link menjadi salah satu faktor rangking di serp.

2. Title Text dan Alternative Text Pada Gambar

 

Selain di kompres ukurannya , gambar dalam sebuah artikel juga harus ada title text dan alternative text karena itu dapat memudahkan pencarian di penelusuran Google.

3. Jumlah Kata

 

Menurur berbagai sumber , sebuah artikel yang seo friendly memiliki minimal jumlah 500 kata dan lebih baik lagi jika 2000 kata lebih. Tentunya jumlah kata tersebut isinya tidak banyak basa basi alias.

4. Meta Deskripsi

 

Meta deskripsi artikel adalah penjelasan singkat mengenai artikel blog yang ditulis. Meta deskripsi yang bagus memiliki tidak lebih dari 155 huruf.

Tentunya meta deskripsi yang baik terdapat kata kunci yang ditarget serta mewakili isi keseluruhan artikel tetapi dikemas dengan singkat.

5. Permalink

 

Permalink merupakan url artikel apabila sudah diterbitkan. Keberadaan permalink ini juga penting dalam menerbitkan artikel yang seo friendly.

Permalink yang baik terdapat kata kunci utama fokus yang ditargetkan serta memiliki jumlah 3-5 kata.

Contoh : www.duapahlimit.com/proses-menulis-artikel-seo

Baca juga yuk yang lainnya : Cara blog cepat terindex 

Penutup

Itulah artikel mengenai proses menulis artikel yang seo friendly.

Kesimpulannya adalah menulis artikel membutuhkan proses yang panjang serta memiliki teknik khusus  (seo) agar dapat mudah bersaing dengan artikel lainnya.

Ryo

Dimana tanah dipijak, disitu bumi dijunjung 🤘🤙

Add comment

Ikuti Kami

Jangan malu untuk menjadi bagian dari kami. Ikuti halaman fanspage kami untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami.