IDN Blogger
Social Media Marketing

Pengertian Social Media Marketing dan Pilihan Media yang Tepat

Berbicara tentang bisnis, maka tidak lepas dari adanya upaya untuk mempromosikan bisnis kita. Social media marketing simpelnya adalah salah satu bentuk upaya untuk mempromosikan bisnis melalui social media atau media sosial.

Bisa dikatakan teknologi saat ini mengubah dunia yang dulunya serba tatap muka, sekarang kita bertatap secara virtual. Begitu juga dengan promosi, sekarang kita lebih dipermudah dengan adanya teknologi.

Promosi sebenarnya ada dua jenis yaitu promosi secara online dan offline. Social media marketing ini merupakan salah satu bentuk promosi atau marketing secara online.

Mau berkenalan lebih lanjut tentang social media marketing? Yuk, baca artikel ini hingga habis ya.

Apa Itu Social Media Marketing?

Pada paragraf di awal, saya sudah sedikit menyinggung perihal pengertian social media marketing. Singkatnya, social media marketing adalah salah satu jenis marketing yang dilakukan melalui media sosial.

Saat ini ada banyak sekali media sosial yang bisa digunakan seperti Instagram, Facebook, Twitter, Tiktok dan lain-lain.

Pengertian social media marketing sendiri punya makna yang luas. Hubspot menyebutkan bahwa social media marketing adalah sebuah aksi pembuatan konten.

Sedangkan menurut Neil Patel, social media marketing adalah proses untuk menarik perhatian orang lain agar bisa terikat (engaged) dengan konten yang disajikan. Jika perhatian orang lain sudah terikat, peluang konten itu akan dibagikan juga menjadi lebih besar.

Pilihan Social Media untuk Memaksimalkan Promosi

Sebenarnya ada banyak sekali social media yang bisa dimaksimalkan untuk melakukan promosi. Namun, saya hanya menyebutkan beberapa di antaranya yang populer di Indonesia.

Berikut ini pilihan social media yang bisa kamu maksimalkan fungsinya untuk promosi diri atau promosi bisnis.

1. Facebook

Salah satu media sosial yang bisa kamu maksimalkan adalah Facebook. Media sosial yang satu ini disinyalir sudah mencapai angka 2,38 miliar orang per 31 Maret 2019 silam. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg pada tahun 2005 yang dulunya hanya digunakan oleh mahasiswa Amerika Serikat saja.

Namun, siapa sangka media sosial dengan ciri khas berwarna biru ini mampu mendunia. Indonesia termasuk negara terbesar yang menggunakan facebook sebagai jejaring sosial untuk berkomunikasi dengan orang lain. Nah, penting banget nih bagi pebisnis untuk aktif di medsos yang satu ini ya.

Kamu bisa membuat Fanspage khusus bisnis kamu, bahkan membuat grup atau bergabung ke dalam grup juga sangat disarankan untuk memperluas pangsa pasar.

2. Instagram

Instagram termasuk salah satu social media marketing yang bisa kamu manfaatkan. Tidak kalah dari Facebook, pengguna media sosial yang satu ini juga sudah mencapai angka 1 miliar lebih. Yakin gak mau coba pakai?

Berbeda dengan Facebook, Instagram lebih menekankan pada aspek visual. Jangan heran jika akun bisnis orang-orang akan sangat rapi dan enak dilihat. Ya, begitulah fungsi dari Instagram. Kamu bisa mendesain feed Instagram semenarik mungkin agar pengunjung bisa betah berlama-lama melihat produk atau jasa apa yang kamu tawarkan.

Jangan lupa juga untuk menambah pengikut ya, biar makin luas deh yang tau sama bisnismu!

3. Twitter

Selanjutnya, media social marketing yang bisa kamu gunakan sebagai media promosi adalah Twitter. Lebih sedikit dari Instagram dan Facebook, pengguna Twitter masih di angka 300 jutaan.

Walaupun demikian, Twitter masih menjadi tempat yang bagus untuk mempromosikan bisnis. Apalagi fitur trending #hashtag di Twitter, kalau bisnis kamu bisa naik trending woah betapa mudahnya dikenal banyak orang.

Memang cukup sulit untuk masuk trending hashtag, kamu bisa optimalkan dulu akun Twitter milikmu agar bisa dikenal banyak orang.

4. LinkedIn

LinkedIn sebenarnya dikenal oleh banyak orang sebagai platform tempat bertemunya si pemberi pekerjaan dengan si pemburu pekerjaan. Walaupun demikian, tidak ada salahnya untuk memaksimalkan media sosial ini.

Promosi punya makna yang luas, tidak hanya mempromosikan produk saja kamu bisa promosikan diri kamu. Terutama bagi kalian yang berprofesi sebagai freelancer, memaksimalkan akun LinkedIn adalah keharusan.

Nah, ketika ingin melamar kerja dan melakukan apply CV, LinkedIn bisa banget jadi CV online. Bahkan tak jarang, rekruiter yang akan menghubungimu langsung kalau mereka tertarik dengan akunmu. Begitu juga bisnis, kamu bisa buat Page Company agar bisnis kamu terkesan profesional.

Baca juga:

5. TikTok

Terakhir, media sosial yang lagi naik daun adalah TikTok. Secara umum memang media sosial yang satu ini penuh dengan akun-akun hiburan, joget sana, joget sini, eitt tapi jangan salah lho. Pengguna TikTok saat ini sudah sangat beragam, mulai dari publik figur, petinggi, influencer, pebisnis, pendakwah, dan banyak lagi.

Pintar-pintarlah mencari target marketing, jangan sampai TikTok gak kamu optimalkan lho karena di sana ada beragam manusia. Siapa tahu, target pasar kau ada di TikTok.

Pemasaran influencer dan promosi berbayar dari mereka yang baru memulai bisa banget untuk diajak kerja sama. Harga promosinya juga terjangkau, apalagi kalau bisa masuk FYP yang bisa tayang di banyak akun pengguna TikTok.

Media sosial bisa dikatakan penting sekali untuk dioptimasi agar meningkatkan kepercayaan, meningkatkan penjualan hingga berujung pada peningkatan penghasilan. Yuk, bangun branding yang menarik untuk calon konsumenmu.

Bingung bagaimana cara membangun sosial media yang menarik bagi calon konsumen? Mari bergabung bersama Social Media Marketer, tempat belajar pemasaran media sosial yang tepat. Ada banyak sekali yang akan dibahas seperti belajar mengenai copywriting, optimasi Instagram dan TikTok marketing, dan lain-lain.

Jika kamu tertarik untuk bergabung, silakan kunjungi https://socialmediamarketer.id atau klik link Social Media Marketer ini.

Demikian pembahasan artikel mengenai pengertian beserta pilihan media untuk mengoptimalkan social media marketing yang tepat. Semoga bermanfaat ya sobat.

Reskia

Suka membaca, menulis, dan mendesain tapi tidak suka kamu :v

Add comment

Ikuti Kami

Jangan malu untuk menjadi bagian dari kami. Ikuti halaman fanspage kami untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami.