Cara Screenshot di PC (Dengan Aplikasi dan Tanpa Aplikasi)

Banyak orang tahu cara screenshot layar HP, tapi apakah Anda tahu cara screenshot di PC? Karena jika dilihat-lihat, tidak ada kombinasi khusus yang digunakan untuk langsung memfoto layar laptop layaknya di HP.

Lalu apakah untuk screenshot PC perlu menggunakan aplikasi tambahan? Sebenarnya, cara screenshot di PC tidak sesulit yang dibayangkan. Bahkan semua laptop, komputer, dan notebook punya metode screenshot yang sama.

Bukan hanya itu, semua komputer juga punya 2 cara screenshot yang sudah disiapkan. Jadi tidak perlu download aplikasi tambahan lagi.

Lalu bagaimana caranya?

Mari kita pelajari bersama dalam artikel berikut ini.

Cara Screenshot di PC Pakai Keyboard

Cara pertama untuk screenshot di PC adalah menggunakan keyboard. Cara ini sudah pasti berhasil jika menggunakan keyboard bawaan di laptop. Sedangkan untuk di PC, tidak semua keyboard punya tombol khusus untuk screenshot, jadi pastikan Anda beli yang ada tombol Print Screennya atau gunakan cara yang kedua nanti.

Untuk melakukan screenshot 1 layar komputer atau PC, Anda hanya perlu tekan satu tombol yaitu Print Screen. Dalam beberapa laptop tombol ini ditulis dengan singkatan “PrtSc SysRq”. Biasanya tombol ini ada bagian kanan atas keyboard.

Lalu apakah hasil screenshot langsung tersimpan seperti di HP? Jawabannya, belum.

Untuk menyimpan hasil screenshot, Anda bisa ikuti langkah di bawah ini.

  1. Setelah tekan Print Screen 1 kali, berikutnya buka aplikasi Paint
  2. Kemudian tekan CTRL + V alias Paste
  3. Hasil screenshot akan tampil di layar Paint
  4. Sekarang, tekan CTRL + S alias Save, lalu pilih folder tempat menyimpan sekaligus namanya

Tombol Print Screen ini juga bisa dikombinasikan dengan tombol lain untuk mengambil gambar dalam posisi tertentu, contohnya:

  • Alt + Print Screen untuk mengambil screenshot layar di 1 aplikasi saja
  • CTRL + Alt + Print Screen untuk mengambil screenshot 1 monitor jika Anda menggunakan monitor ganda
  • Windows + Print Screen untuk mengambil screenshot dan langsung mengambil screenshot dan langsung tersimpan otomatis (Khusus Windows 10).

Cara Screenshot di PC Pakai Snipping Tool

Jika laptop atau keyboard komputer Anda tidak punya tombol Print Screen, maka cara alternatifnya adalah dengan menggunakan aplikasi Snipping Tool.

Aplikasi Snipping Tool ini sudah ada di semua laptop atau komputer dengan sistem operasi Windows. Tapi jika tidak ada di laptop Anda, silahkan download dulu di internet. Ukurannya tidak lebih dari 1 GB dan tidak butuh spesifikasi besar untuk menggunakannya.

Untuk menggunakan Snipping Tool, silahkan ikuti langkah berikut ini.

  • Pertama, buka tab Windows dan ketik “Snipping Tool” di kolom pencarian
  • Kemudian buka aplikasi Snipping Tool
  • Tiba-tiba layar Anda akan menjadi abu-abu dan tanda panah cursor akan berubah jadi tanda tambah
  • Klik dan arahkan bagian layar mana yang ingin di screenshot
  • Jika sudah, Anda bisa klik Save, pilih folder penyimpanan, dan ganti filenya
  • Anda juga bisa klik Copy di bagian atas kiri hasil screenshot, lalu langsung di Paste di tempat gambar tersebut akan dikirim.

Dengan menggunakan Snipping Tool, Anda bisa save gambar dari Instagram langsung tanpa pakai ekstensi apa-apa. Jika ingin mengedit sedikit, Snipping Tool juga punya fitur highlight, pen, dan pencil dalam beberapa pilihan warna.

Seperti itulah cara screenshot di PC menggunakan Print Screen dan Snipping Tool. Silahkan Anda pilih cara mana yang paling mudah untuk diikuti. Jangan lupa, silahkan bertanya di kolom komentar jika ada yang tidak dipahami.

Leave a Comment