IDN Blogger

Makanan Khas Bantul yang Wajib Anda Coba

Makanan Khas Bantul

IdnBlogger.id – Berwisata ke suatu daerah kurang lengkap rasanya jika belum mencoba wisata kuliner dan mencicipinya. Nah, jika anda sedang berlibur di Yogyakarta, terutama didaerah Hutan Pinus Mangunan dan Pantai Parangtrtis, anda bisa mencoba makanan khas bantul.

Perlu anda ketahui, bantul sendiri merupakan daerah yang berada di sebelah selatan Kota Yogyakarta. Di Daerah ini, anda dapat menemukan berbagai jenis wisata mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, dan wisata kuliner.

Selain wisata alam, anda juga bisa mencoba berabagai kuliner khas bantul yang sangat terkenal. Berbagai kuliner bantul dapat anda coba mulai dari makanan tradisional hingga makanan kekinian. Berikut dibawah merupakan kuliner khas bantul yang wajib anda coba saat berlibur ke jogja.

1. Bakmi Pentil

Makanan Khas Bantul yang Wajib Anda Coba

Bakmi Pentil merupakan makanan khas bantul tepatnya di daerah Pundong. Bahan dasar pembuatan mie pentil berasal dari pati ketela. Uniknya lagi mie ini berbeda dengan yang lainya, karena meiliki bentuk yang sedikit besar dan memanjang. Bakmi Penthil memiliki 2 warna sekaligus yaitu warna putih dan kuning.

Baca Juga: 60 Tempat Wisata di Bantul Terbaru & Terhits 2021

2. Peyek Tumpuk

Makanan Khas Bantul yang Wajib Anda Coba

Peyek merupakan makanana yang hampir ada disetiap wilayah jawa, khusunya jawa tengah. Namun berbeda dengan Peyek Tumbuk. Peyek ini memiliki bentuk yang tidak beraturan, dan bentuknya berupa tumpukan kacang tanah yang bertumpuk-tumpuk. Dari bentuk tersebut maka dinamakan sebagai Peyek Tumpuk.

3. Mie Des

Hampir sama dengan Mie Pentil, Mie Des merupakan sebutan makanan yang berwujud bakmi dengan rasa pedas. Masyarakat Pundong biasanya membuat mie ini dengan bahan dasar pati ketela. Rasa dari mie des sedikit lebih kenyal dan memiliki bentuk mie yang sedikit lebih besar.

4. Kue Adrem

Kue Adrem merupakan makanan khas bantul, tepatnya berada di Kecamatan Sanden Bantul. Kue ini dibuat dengan bahan dasar tepung beras dan gula jawa merah yang digoreng. Kue Brem mememiliki rasa yang manis dan gurih. Saat pertama kali digigit, akan terasa legit. Bentuk kue brem juga berbeda dengan yang lainya. Makanan yang satu ini biasanya disajikan pada saat hari-hari besar seperti, idul fitri dan hari-hari besar lainya.

5. Sate Klatak

Makanan khas bantul selanjutnya yaitu Sate Klatak. Sate klatak merupakan kuliner khas bantul yang berada di Jejeran, Pleret. Sate ini terbuat dari daginng kaming buta yang diberi bumbu khusus dan dibakan diatas arang panas. Berbeda dengan yang lainya, tusuk sate klatak biasanya terbuat dari jeruji besar. Julukan Sate Klatak sendiri berasal dari bunyinya saat dibakar diatas arang.

6. Gudeg

Banyak yang mengatakan bahwa gudeg merupakan makanan khas bantul, Namun aslinya gudeg merupakan makanan khas disemua wilayah jogja. Gudeg sendiri memiliki 3 jenis yaitu Gudeg Basah, Gudeg Manggar, dan Gudeg Kering. Nah biasanya wisatawan yang sedang berlibur ke jogja tidak lupa membawa oleh-oleh khas jogja yang satu ini. Makanan ini dapat anda temukan dengan mudah, karena memang sangat banyak peminatnya.

Baca Juga: 5 Tempat Camping di Jogja Paling Indah

7. Krecek

Krecek atau biasa disebut dengan sambal Krecek merupakan makanan khas jogja dan bantul. Krecek sendiri menjadi menu pendaming gudeg. Sambel Krecek sendiri memiliki rasa yang manis dan sedikit pedas. Perpaduan antara sambel krecek yang gurih dan gudeg yang enak tentu menjadi kuliner jogja yang sangat khas.

8. Oseng-Oseng Mercon

Oseng-Oseng Mercon merupakan makanan khas jogja yang berada di bantul. Kuliner yang satu ini memiliki rasa yang pedas. Bisa dikatakan bahwa oseng mercon menjadi menu spesial bagi para pecinta kuliner pedas.

9. Cilok Bantul

Cilok merupakan makanan ringan yang sangat umum ditemukan terutama di daerah Jawa Barat. Namun berbeda dengan cilok bantul yang memiliki rasa kenyal. Salah satu cilok yang berasal dari bantul adalah cilok gajahan. Cilok Gajahan sendiri mulai populer di daerah bantul dan sekitarnya.

10. Geplak

Geplak merupakan makanan khas bantul yang lebih dominan ke kue tradisional yang berasal dari jogja. Kue Geplak terbuat dari bahan adonan kelapa parut, tepung, dan sedikit gula. Rasa dari geplak sendiri lebih dominan manis dan gurih. Kue geplak sendiri memiliki bentuk sedikit bundar dan memiliki berbagai jenis warna.

Berikut diatas merupakan artikel tentang makanan khas bantul yang bisa kami ulas. Tetap pantau website kami untuk informasi-informasi terlengkap lainya.

 

1 comment

Ikuti Kami

Jangan malu untuk menjadi bagian dari kami. Ikuti halaman fanspage kami untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami.