IDN Blogger

Gunung Favorit Pendaki Pemula di Indonesia

Gunung Favorit Pendaki Pemula di Indonesia

Gunung Favorit Pendaki Indonesia – Ada banyak Gunung Berapi Di Dunia dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. Berbicara soal gunung, Indonesia dikenal dengan sebutan Ring of Fire. Deretan gunung berapi yang berbaris memanjang dari ujung Sumatera hingga Papua sana. Berikut ini Gunung favorit pendaki di Indonesia, dari IdnBlogger!

1.Puncak Cartenz, Gunung Jaya Wijaya

Gunung Favorit Pendaki Pemula di Indonesia
Gunung Favorit Pendaki Pemula di Indonesia

Selain menjadi salah satu gunung yang terdapat salju di Indonesia, gunung jaya wijaya juga memiliki trek pendakian yang sangat sulit. Pendaki yang ingin menuju puncak harus melewati beberapa lembah dan harus menyewa helikopter untuk menuju puncak cartenz. Selain memiliki medan yang berat, untuk menuju puncak gunung tertinggi di Indonesia ini harus memiliki fisik yang bagus dan mengeluarkan biaya yang cukup mahal.

Pegunungan Cartenz termasuk dalam Seven Summits alias 7 puncak gunung tertinggi di Indonesia & Dunia dari 7 Benua. Gunung ini menjadi salah satu gunung terkenal di indonesia. Puncak gunung Jaya Wijaya memiliki ketinggian 4.884 mdpl dan di nobatkan sebagai gunung tertinggi di indonesia, karena memiliki puncak yang cukup tinggi gunung ini memiliki salju dan sering di sebut salju abadi.

2.Gunung Kelimutu.

Gunung Favorit Pendaki Pemula di Indonesia
Warna di kawah sering berubah warna mulai dari warna putihm hijau lumut, hijau toska, biru toska, biru muda, abu-abu, merah, bahkan bisa berubah menjadi hita. Menurut penlitian para ahli, perubahan warna yang sering terjadi di gunung kelimutu merupakan kandungan mineral dalam danau dan aktivitas vulkanik.Gunung Kelimutu memiliki ketinggian 1.639mdpl dan terkenal dengan kawahnya yang memiliki warna yang sangat cantik dan dapat berubah warna, oleh sebab itu banyak wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi gunung ini.

Baca Juga: Gunung Untuk Pemula versi Fiersa Besari

3.Gunung Ijen

Gunung Favorit Pendaki Pemula di Indonesia
Image: Travel.tempo.com

Api biru yang berada di kawah ijen hanya ada dua di dunia, yaitu di Eslandia dan Ijen. Untuk melihat api biru (Blue Fire) pengunjung harus mendaki terlebih dahulu sebelum sampai puncak. Biasanya wisatawan mulai mendaki pada pukul 02.00 – 03.00 WIB. Pada saat itulah blue fire terlihat sangat jelas.

Gunung ijen yang memiliki ketinggian 2.799 mdpl dan berada di Perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso, Jawa Timur .memiliki hal unik yang sangat terkenal oleh wisatawan lokal maupun asing. Kawah yang berada di gunung ijen ini memiliki api yang berwarna biru, tak heran dengan pemandangan yang unik itu membuat wisatawan tertarik untuk mengunjunginya.

4.Gunung Bromo

Gunung Favorit Pendaki Pemula di Indonesia
Image: Bisnis.tempo.co

Gunung Bromo yang memiliki ketinggian 2.329 Mdpl sangat terkenal di mata dunia. Gunung yang terkenal dengan Suku Tengger ini terkenal dengan pemandangan matahari terbitnya yang sangat indah. Untuk bisa menyaksikan pemandangan ini, kamu harus mendaki terlebih dahulu ke Puncak Penanjakan yang merupakan lokasi terbaik untuk melihat sunrise.

Gunung Bromo memiliki kawah dengan panjang diameter sekitar 800 meter dari utara ke selatan dan 600 meter dari barat ke timur. Untuk dapat menikmati keindahan kawah Bromo, kamu perlu menaiki 250 anak tangga. Tak perlu pusing jika kamu kelelahan, kamu bisa menyewa kuda-kuda milik warga sekitar.

5.Gunung Rinjani

Gunung Favorit Pendaki Pemula di Indonesia
Image: tempatwisata.pro

Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung tertinggi kedua di Indonesia. Gunung Rinjani terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Secara spesifik gunung ini berada di Kabupaten Lombok Timur.Gunung Rinjani memang terkenal dengan pemandanganya yang sudah tidak asing lagi di mata para pendaki maupun turis mancarnegara. Gunung yang memiliki ketinggian …. Terkenal dengan keberadaan Danau Segara Anak yang terletak di atas gunung Rinjani. Danau Segara Anak terlihat sangat cantik dengan keberadaaan Gunung Batusari di tengahnya.

Gunung Rinjani adalah bagian dari 7 summit Indonesia. banyak para pendaki yang ingin melakukan gunung rinjani, selain memiliki pemandangan yang cukup bagus, gunung rinjani juga memiliki trek pendakian yang cukup menantang.Gunung Rinjani memiliki 3 jalur pendakian sekaligus yaitu jalur sembalun, torean dan Senaru.

6.Gunung Kerinci

Gunung Favorit Pendaki Pemula di Indonesia
Image: yanacircle.com

Gunung Kerinci merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Asia Tenggara hingga sampai saat ini. Gunung Kerinci memiliki ketinggian 3.805 mdpl ini masih sangat alami dengan keaneragaman tumbuhan dan hewanya.

Gunung kerinci menjadi salah satu sevent summit yang berada di Sumatra. gunug kerinci menjadi salah satu gunung tertinggi di indonesia. Masuk dalam Wilayah Taman Nasional Gunung Kerinci- Seblat yang merupakan habitat hidup harimau dan badak sumatra yang hampir punah.

Berada di ketinggian 3.805 mdpl, Gunung Kerinci menjadi salah satu gunung api aktif paling tinggi di Indonesia. jika anda mendaki gunung kerinci kalian akan menemui  Danau Gunung Tujuh yang terletak di ketinggian 1.996 mdpl. Danau ini pun disebut-sebut sebagai salah satu danau vulkanik tertinggi di Asia Tenggara.

7. Gunung Semeru

Gunung Favorit Pendaki Pemula di Indonesia

Gunung semeru masih di percayai oleh masyarakat khusnya yang beragama hindu sebagai tempat persemayaman para dewe, menurut cerita yang beredar dahulu gunung semeru di bawa oleh Dewa Wisnu yang menjelma sebagai kura-kura raksasa.Gunung Semeru terletak di antara Kabupaten dan Kabupaten Lumajang, gunung semeru memiliki ketinggian 3.676 mdpl dan menempati peringkat pertama Seven Summits di Indonesia alias tujuh gunug tertinggi di Indonesia.

Banyak para pendaki pemula yang memulai kecintaanya dalam mendaki ketika mengunjungi gunung yang terkenal dengan keindahan danau Ranu Kumbolo nya ini.

8. Gunung Prau

Gunung Favorit Pendaki Pemula di Indonesia

Gunung Prai berada di ketinggian 2.565 meter diatas permukan laut. Gunung Prau berada di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah. Gunung ini menjadi salah satu gunung favorit pendaki di indonesia karena memiliki pemandangan indah berupa sunset dan sunrise.

Tidak hanya itu saja, jika cuaca sedang cerah pendaki dapat melihat pemandangan 4 gunung sekaligus yaitu Gunung Sindoro dan Sumbing, Merapi dan Merbabu. Selain memiliki pemandangan yang indah, trek pendakian gunung prau juga sangat mudah. Tak hayal jika gunung prau menjadi salah satu tujuan buat para pendaki pemula.

9. Gunung Andong

Gunung Favorit Pendaki Pemula di Indonesia
Imgae: Mytrip.co.id

Gunung Andong memiliki ketinggian 1.726 meter diatas permukaan laut. Gunung Andong menjadi salah satu tujuan bagi para pendaki pemula. Alasanya adalah trek menuju puncak gunung andong dapat ditempuh dalam wakti 2 jam saja. Jadi tak heran jika setiap akhir pekan maupun libur panjang, basecamp gunung andong selalu dipenuhi oleh para pendaki.

Gunung Andong sendiri memiliki 6 basecamp sekaligus yaitu base camp sawit, pendem, gugik, temu, kudusan, sekararum kembangan. Biasanya para pendaki lebih memiliki basecamp sawit karena lokasi dan aksesnya mudah dijangkau

10. Gunung Ijen

Gunung Favorit Pendaki Pemula di Indonesia
Image: ksmtour.com

Gunung Ijen berada di ketinggian 2.770 meter diatas permukaan laut. Gunung yang satu provinsi dengan Gunung Bromo dan Semaru ini menyimpan keindahan berupa kawah biru yang hanya terdapat di dua tempat didunia.

Pemandangan yang dinantikan oleh wisatawan adalah kawahnya serta pemandangan api birunya yang sangat indah. Untuk menikmati keindahan tersebut, pendaki harus mendaki Gunung Ijen saat pagi hari sebelum subuh.

Add comment

Ikuti Kami

Jangan malu untuk menjadi bagian dari kami. Ikuti halaman fanspage kami untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami.