IDN Blogger

Blogger Wajib Menggunakan 5 Tools SEO Gratis Ini!

5 Tools SEO Gratis – Tahukah Anda bahwa Ahrefs memiliki alat SEO gratis? Nah, dalam tutorial ini kita akan mengenai 5 tools SEO Gratis Terbaik dari Ahrefs dan bagaimana Anda dapat menggunakannya bersama-sama untuk benar-benar meningkatkan SEO situs Anda. Tetap disini.

Jadi selama setahun terakhir Ahrefs telah merilis sekitar 14 alat SEO gratis, yang sebagian besar dapat ditemukan di footer situs web resmi dari Ahrefs sendiri. Sekarang, karena saya tahu Anda menyukai alur kerja dan proses, tutorial ini akan menunjukkannya kepada Anda bagaimana menggunakannya bersama-sama dan semoga mendapatkan daya tarik dari penelusuran organik.

Berikut 5 tools SEO gratis yang berasal dari Ahrefs yang sudah dirangkum oleh website Belajar Bareng Ihsan

Tools SEO Gratis Wajib Kamu Gunakan

Jadi, mari kita mulai dengan alat SEO gratis pertama yang akan membantu Anda mempertahankan situs Anda dalam kesehatan yang baik. Dan itu Alat Webmaster Ahrefs atau AWT. AWT menyertakan dua alat inti dan akan berfungsi untuk situs web apa pun yang Anda miliki.

Audit Situs

Seo Tools Gratis Site Audit

Alat pertama adalah audit Situs, yang akan memindai situs web Anda untuk mengetahui lebih dari 100 SEO teknis dan pada halaman masalah dan mengaturnya menjadi laporan yang mudah dipahami. Sekarang, saya telah memverifikasi situs dan menjalankan audit untuk ahrefs.com. Jadi, mari kita buka laporan Ikhtisar.

Di sini Anda dapat melihat hal-hal seperti skor kesehatan situs web Anda, yang mewakili persentase URL yang tidak memiliki kesalahan, dan Anda juga akan melihat daftar masalah teratas tepat di bawahnya. Sekarang, jika Anda tidak yakin apa yang harus dilakukan dengan masalah ini, Ahrefs juga akan memberikan detail tentang apa masalahnya dan cara memperbaikinya.

Baca Juga Pengertian Blogspot

Cara Menggunakan Audit Situs

Jadi katakanlah Anda ingin memperbaiki halaman yang tertaut ke halaman yang rusak. Untuk melihat URL, cukup klik nomor tersebut, dan Anda akan dibawa ke Page Explorer, yang menunjukkan URL yang terpengaruh dan halaman rusak yang mereka tautkan.

Ekspor saja hasilnya dan sekarang tinggal menghapus atau mengganti tautan yang rusak itu. Sekarang, fitur hebat dalam Audit Situs adalah Anda dapat menyiapkan audit terjadwal setiap minggu. Dan ini memungkinkan Anda untuk memantau perubahan yang terjadi di situs Anda mulai dari audit kedua.

Jadi melihat audit kedua untuk ahrefs.com, Anda akan melihat perubahan pada jumlah URL untuk setiap masalah, jumlah kasus baru, serta jumlah URL yang tidak lagi punya masalah. Pantau terus audit mingguan Anda dan Anda akan segera menuju situs yang lebih sehat.

Site Explorer

Alat kedua di AWT adalah Site Explorer, yang memberi Anda tautan balik dan data lalu lintas pencarian. Jadi mari kita pergi ke dasbor dan saya akan mengklik proyek terverifikasi oleh Ahrefs yang akan membawa kita ke Halaman Ikhtisar.

Di halaman ini, Anda dapat melihat metrik tingkat atas untuk situs web Anda seperti Peringkat Domain, total tautan balik, total domain pengarah, yang hanya merupakan situs web unik yang memiliki pranala ke Anda, jumlah kata kunci peringkat situs Anda, dan perkiraan lalu lintas penelusuran ke situs web Anda.

Dan tepat di bawahnya adalah grafik interaktif yang menunjukkan seberapa cepat Anda memperoleh backlink dari situs web unik, yang merupakan indikator bagus dari popularitas situs web Anda di web. Mari kita buka laporan backlink. Di sini Anda dapat melihat semua halaman yang memiliki pranala ke situs web Anda.

Dan Ahrefs juga menyediakan metrik yang berguna pada halaman yang menautkan dan domain seperti situs web dan nilai otoritas halaman, jumlah domain perujuk yang dimilikinya, perkiraan lalu lintas pencarian ke sana halaman, dan konteks tautan, yang sangat nyaman.

Anda juga dapat menggunakan filter ini untuk menelusuri kumpulan data tertentu atau mengekspor hingga 1.000 tautan balik jika Anda lebih suka bekerja di Google Sheets atau Excel. Penjelajah Situs juga memungkinkan Anda untuk melihat kata kunci yang diperingkat situs web Anda. Buka saja laporan Kata Kunci Organik dan Anda akan melihat kata kunci yang Anda rangking, volume pencarian mereka, skor kesulitan kata kunci, dan posisi yang Ahrefs lihat peringkat halaman ini di tanggal ini.

Cara Menggunakan Tools Site Explorer

Ahrefs memiliki beberapa filter luar biasa yang dapat Anda gunakan untuk menemukan cara meningkatkan visibilitas situs Anda. Misalnya, Anda ingin mencari peluang untuk menentukan peringkat untuk cuplikan unggulan. Untuk melakukan itu, cukup setel filter Posisi dengan posisi peringkat minimal dua dan maksimal tujuh.

Kemudian klik filter fitur SERP, dan pilih Featured snippet, yang akan mempersempit hasil untuk kata kunci yang cuplikan pilihannya ada di halaman hasil mesin pencari. Dan seperti yang Anda lihat, memiliki beberapa kata kunci yang dapat gunakan setelah cuplikan unggulan untuk lebih banyak lalu lintas pencarian. Sekarang, jika Anda ingin melihat dengan siapa Anda bersaing untuk kata kunci ini, cukup klik SERP untuk melihat 10 halaman peringkat teratas beserta metrik SEO-nya, yang sangat membantu untuk memahami kesulitan peringkat.

Sekarang, ada banyak sekali kasus penggunaan yang dapat saya tangani, tetapi masih memiliki empat alat lainnya untuk sampai ke. Ahrefs juga telah membuat video di AWT yang lebih detail, jadi saya akan meninggalkan tautan ke sana dalam deskripsi. Sekarang, AWT hanya memungkinkan Anda melihat data di situs Anda sendiri yang sangat penting dalam melakukan pengoptimalan untuk situs Anda. Tetapi itu tidak selalu membantu dengan membangun tautan.

Backlink Checker

Tools SEO gratis ahrefs berikutnya, yaitu Ahrefs Backlink Checker. Dengan alat Pemeriksa Tautan Balik gratis, Anda dapat melihat 100 tautan balik teratas yang mengarah ke sebuah URL atau domain. Jadi katakanlah Anda menemukan halaman ini di statistik kopi, dan menemukan bahwa datanya sangat ketinggalan zaman.

Sekarang, untuk melihat apakah ada peluang yang bisa didapat, hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah memeriksa dan lihat apakah laman tersebut benar-benar memiliki tautan balik yang mengarah ke sana. Untuk melakukan itu, Anda dapat menempelkan URL statistik kopi itu ke alat Pemeriksa Tautan Balik gratis.

Dan seperti yang Anda lihat, ada sekitar 660 situs web unik yang terhubung ke halaman itu! Dan karena tautan baliknya terlihat bagus, Anda dapat membuat halaman Anda sendiri tentang topik tersebut dan menjangkau situs web yang relevan dan meminta mereka untuk menautkan ke Anda sebagai gantinya. Baiklah, alat selanjutnya adalah Generator Kata Kunci Ahrefs.

Alat ini memungkinkan Anda menemukan ide kata kunci untuk mesin pencari seperti Google, Bing, YouTube, dan Amazon. Cukup pilih mesin pencari Anda dan masukkan kata kunci luas yang terkait dengan niche Anda. Mari kita pergi dengan “router” dan mencari melalui data AS. Tools Ahrefs kemudian akan menunjukkan kepada Anda 100 kata kunci teratas yang menyertakan frasa Anda bersama dengan volume pencarian dan skor kesulitan kata kunci untuk 10 kata kunci teratas.

Sekarang, jika Anda hanya mencari kata kunci untuk posting blog, lalu klik tab Pertanyaan, yang akan menampilkan kata kunci yang berisi frase kata kunci target Anda sebagai pertanyaan. Kueri ini, “berapa lama router bertahan,” terlihat menjanjikan dengan KD yang rendah dan volume pencarian yang tinggi. Tapi apa yang kita lakukan sekarang?

SERP Checker

SEO gratis berikutnya sangat berperan pada dunia SEO yaitu SERP Checker. SERP Checker menunjukkan peringkat 10 teratas ditambah metrik SEO untuk 3 halaman teratas. Dan di luar metrik, Anda dapat melihat hasil pencarian yang tidak dipersonalisasi dari 171 negara.

Jadi mari kita cari “berapa lama router bertahan” dengan AS ditetapkan sebagai negara kita lagi. Dari sini, Anda dapat menggunakan metrik DR, UR, dan Domain Pengarah untuk menilai kesulitan peringkat dan lihat taksiran lalu lintas ke laman ini untuk mengukur potensi lalu lintas. Saya berbicara sedikit tentang analisis kata kunci dalam tutorial penelitian kata kunci, jadi saya akan hubungkan mereka di deskripsi. Jadi sekarang kita telah membahas alat SEO untuk SEO teknis, pembuatan tautan, dan penelitian kata kunci.

Ahrefs SEO Toolbar

Yang terakhir berguna untuk banyak tugas SEO yang berbeda. Dan alat itu adalah Ahrefs ‘SEO Toolbar.

Jika Anda terbiasa dengan alat ini, maka Anda tahu bahwa orang dengan paket premium dapat melakukannya melihat hal-hal keren seperti metrik kata kunci dan metrik SEO langsung di Google Penelusuran. Selain itu, Anda dapat melihat metrik SEO tingkat halaman dan domain saat menjelajahi halaman mana pun. Tetapi yang mungkin tidak Anda ketahui adalah bahwa kami memiliki beberapa fitur gratis di sini di mana tidak ada akun diperlukan.

Cara Menggunakan Ahrefs SEO Toolbar

Setelah Anda menginstal toolbar, kunjungi halaman mana saja dan Anda dapat melihat jalur pengalihan dan header HTTP untuk halaman tersebut. Anda dapat mengeklik ikon tautan ini, yang kemudian akan memindai halaman tempat Anda berada untuk menemukan tautan keluar yang rusak. Klik ikon ini untuk laporan SEO halaman lengkap. Dan kemudian ikon tautan kedua ini akan menunjukkan kepada Anda rincian jenis tautan keluar. Sekarang, ini hanya lima dari alat SEO gratis yang kami miliki di Ahrefs, dan itu bagus untuk Anda baru saja memulai.

Nah itu dia 5 tools SEO Gratis Terbaik dari Ahrefs yang wajib blogger gunakan untuk mempermudah audit website kalian masing-masing. Cukup sekian, sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

Ihsan

Hanya lelaki yang sedang berusaha untuk menggapai cita-cita.

Add comment

Ikuti Kami

Jangan malu untuk menjadi bagian dari kami. Ikuti halaman fanspage kami untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami.