Penyebab ‘Reboot and Select Proper Boot Device’ dan Cara Mengatasinya

Hai sobat IDN jumpa lagi dengan salah satu penulis IDN hidayat code. jika penasaran dengan saya bisa cek di google hidayat code, nah di tulisan ini saya akan membagikan sedikit tips dan tutorialmengenai komputer atau laaptop yang error, salah satu pembahasan kita kali ini ialah Reboot and Select Proper Boot Device“.

Hal ini sering terjadi ketika hendak menyalakan layar monitor dan terdapat pesan error “Reboot and Select Proper Boot Device, Or Insert Boot Media in Selected Boot device and press a key_“. Nah bagia mana cara solusinya?

Hal ini di sebabka karena ada kerusakan pada software atau hardware terutama hardisk, untuk mengatasiya kamu bisa masuk terlebih dahulu ke dalam menu BIOS.

  1. Tekan tombol kombinasi CTL + ALT + DEL.
  2. Selanjutnya masuk ke dalam menu bios dengan menekan F2, F11 sesuaikan dengan setingan keyboard pada laptop yang kamu gunakan.
  3. Setelah itu masuk ke bagian boot. Pada bagian boot propties silhkan cek apakah hardisk terbaca atau tidak, tapi jika terbaca silahkan lanjutkan ke langkah ke 4.
  4. Kemudian masuk ke menu Advanced lalu cari Os Selection. Ganti dari Lagacy Os menjadi UEFI OS.
  5. Selanjutnya save dan restart setingannya.

Perlu di ingat bahwa jika hardisk yang tidak terbaca bisa saja terjadi karena ada beberapa masalah pada hardware, silahkan periksa apakah hardisk terpasang dengan benar atau tidak, dan juga jangan lupa untuk membersihkan port pada tempat pemasangan hardisk. Silahkan ganti kabel yang menghubungkan hardisk dengan motherboard.

Itulah penyebab Reboot and Select Proper Boot Device dan juga cara mengatasinya. Semoga tutorial ini dapat bermanfaat para pembaca

Tinggalkan komentar