IDN Blogger

Memahami Pengertian dan Fungsi Kabel STP dalam Jaringan Komputer

Fungsi kabel STP

Fungsi kabel STP pada awalnya dirancang untuk jaringan token ring yang mencakup dua kabel individual yang dilapisi dengan pelindung foil untuk mencegah interferensi elektromagnetik, yang dapat mengirimkan data lebih cepat.

Baca juga : manfaat buah naga untuk penderita darah tinggi

STP persis sama dengan UTP, namun, STP ini berisi bungkus foil tambahan atau jaket jalinan tembaga untuk membantu melindungi sinyal kabel dari gangguan.nKabel STP lebih mahal jika dibandingkan dengan UTP, tetapi memiliki keuntungan karena dapat mendukung kecepatan transmisi yang lebih tinggi pada jarak yang lebih jauh.

Spanning Tree Protocol (STP singkatnya) adalah protokol jaringan yang menjamin topologi jaringan bebas loop untuk antarmuka LAN Ethernet. Fungsi STP adalah untuk mencegah loop repeater dan radiasi siaran yang dihasilkan dari jaringan komputer.

Fungsi Kabel STP

Fungsi kabel STP yaitu menarik interferensi eksternal ke pelindung dan kemudian melepaskannya ke kabel yang diarde. Jika kabel arde tidak diarde dengan benar, fungsi peredam bising STP dapat sangat terganggu.

Kabel STP umum lainnya, sering disebut foil twisted-pair (kabel) atau kabel twisted-pair (kabel), hanya menggunakan pelindung foil luar yang lebih tipis. Kabel ini lebih tipis dan lebih terjangkau daripada kabel jalinan STP tetapi sangat sulit untuk dipasang. Kecuali dalam kasus di mana tegangan tarik maksimum dan radius tikungan minimum diamati, kabel yang lebih tipis ini dapat robek selama proses pemasangan.

Tugas Utama Spanning Tree Protocol (STP)

Menghentikan loop jaringan pada lapisan jaringan 2 (jembatan atau sakelar). STP terus memantau jaringan untuk semua tautan, memastikan tidak ada loop yang terjadi dengan mematikan semua tautan yang berlebihan.

STP menggunakan sistem algoritma yang disebut algoritme spanning-tree (STA) untuk membuat topologi database, kemudian mencari dan menghancurkan tautan yang berlebihan. Dengan STP, frame hanya akan diteruskan ke tautan utama yang dipilih oleh STP.

Baca juga : rekomendasi bot telegram yang berguna

Masalah utama yang dapat dihindari dengan STP adalah badai siaran. Badai siaran menyebabkan siaran bingkai (atau multicast atau unicast yang alamat tujuannya tidak diketahui oleh sakelar) untuk terus melakukan perulangan di jaringan tanpa henti. Gambar 1.2 di bawah ini adalah contoh sederhana LAN dengan link redundan. Spanning Tree Protocol (STP) mencegah perulangan dengan menempatkan setiap port sakelar di salah satu status berikut, Meneruskan atau Memblokir.

Antarmuka dengan status penerusan berperilaku normal, meneruskan dan menerima frame, sedangkan antarmuka dengan status pemblokiran tidak memproses frame apa pun kecuali pesan STP.

Semua port yang berada dalam status penerusan dikatakan berada dalam jalur topologi STP, sekumpulan port penerusan membentuk jalur tunggal yang melaluinya frame ditransfer antar segmen.

Penutup

Demikian ulasan singkat yang dapat saya bagikan kepada Anda tentang pengertian dan fungsi STP dalam jaringan komputer semoga dapat bermanfaat dan sampai jumpa di pembahasan lainnya.

Moch Dzikry

Tenno henkai banzaaaai!!!!!!!

Add comment

Ikuti Kami

Jangan malu untuk menjadi bagian dari kami. Ikuti halaman fanspage kami untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami.