IDN Blogger

Pengertian dan Cara Menentukan Niche Blog Potensial

Cara menentukan niche blog

Dilansir dari mas dzikry โ€“ Niche blog merupakan topik atau tema yang dikhususkan ketika membangun sebuah blog. Pemilihan ini bertujuan untuk merancang atau menyusun berbagai konten unggulan yang ke depannya mampu mendatangkan visitor. Lantas bagaimana cara menentukan niche blog yang potensial? simak lebih lanjut pembahasannya dibawah ini.

Baca juga : cara mengubah password cpanel

Pemilik blog merasa lebih terfokus pada satu topik tertentu sehingga bahasan tidak akan meluas ke banyak tema. Hal seperti ini menjadi penilaian tersendiri bagi pengunjung terkait konsistensi ketika menulis.

Dalam menerapkan niche blog nyatanya berpotensi bagi Anda untuk dikenal sebagai ahli. Pasalnya pembahasan terkait tema tertentu akan menjadi referensi banyak orang ketika mencari informasi mengenai sesuatu.

Cara Menentukan Niche Blog

Ada beberapa niche blog yang tersedia mulai dari teknologi, keuangan, kesehatan, kuliner dan masih banyak lagi. Anda perlu memilih satu diantaranya sebagai fokus bahasan pada web ke depannya. Berikut beberapa tips untuk menentukannya:

1. Menyesuaikan dengan Bidang yang Disukai

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan yaitu memilih niche sesuai dengan topik Anda sukai. Cara seperti ini akan menjadi lebih mudah ketika ingin mengembangkan sebuah ide. Lain halnya apabila salah menentukan tema kurang tidak disukai, tentunya mudah merasa bosan dan jenuh saat menulis.

Terlebih jika Anda masih seorang blogger pemula, maka harus menentukan niche blog yang benar-benar disukai demi menghasilkan konten berkualitas. Jangan beranggapan bahwa harus menguasai suatu bidang tertentu. Setidaknya pahami dulu topik tersebut sehingga lebih mudah saat menjelaskan.

2. Menggunakan Topik Pembahasan yang Populer

Menentukan niche blog berdasarkan kesukaan saja nyatanya belum cukup. Anda perlu mempertimbangkan apakah topik tersebut sudah sesuai dengan permintaan pasar atau tidak. Caranya yakni memeriksa melalui Google Trends sehingga mampu melihat apa saja keyword paling dicari.

Misalnya ketika Anda membuka Google Trends lalu masukkan topik yang hendak dianalisa, contohnya teknologi. Hasilnya akan menunjukkan berapa jumlah pengguna mencari suatu kata kunci berkaitan dengan tema tersebut. Jadi harapannya bisa mengetahui apa keyword paling sering dicari.

3. Melihat Peluang Niche Blog

Anda pun perlu untuk melihat apakah niche tersebut berpeluang untung atau tidaknya. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengeceknya. Pertama dengan menggunakan Google Adsense. Caranya meletakkan banner iklan sehingga setiap pengunjung yang hadir bisa langsung mengklik.

Ada juga cara lain yaitu dengan menjual produk melalui blog tersebut. Pastikan jika barang yang dijual berhubungan tentang topik yang sedang dibahas pada web itu sendiri. Misalnya ketika membahas sebuah review laptop atau ponsel, maka dapat menawarkan item serupa.

4. Memaksimalkan Niche Blog dengan Cara Lain

Bagi Anda yang sudah menentukan niche blog, maka ada cara lain untuk memaksimalkannya. Pertama dengan menjual e-book. Beberapa pokok bahasan akan berpeluang apabila menawarkannya dengan metode kreatif, misalnya buku tentang cara investasi atau perkembangan teknologi.

Cara lain yang dapat dilakukan dengan menawarkan jasa konsultasi. Tidak hanya lewat konten dan juga e-book, melainkan langsung ditawarkan dari blog tersebut. Misalnya ketika membahas topik keuangan, maka tawarkan konsultan bisnis.

Informasi mengenai apa itu niche blog, menunjukkan bahwa perkembangan teknologi di bidang informasi semakin pesat. Anda pun bisa memanfaatkan fenomena ini demi mendapatkan penghasilan atau sekedar sebagai pengisi waktu luang.

Moch Dzikry

Tenno henkai banzaaaai!!!!!!!

Add comment

Ikuti Kami

Jangan malu untuk menjadi bagian dari kami. Ikuti halaman fanspage kami untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami.