IDN Blogger
Cara Menghapus File Lainnya di Hp Xiaomi MIUI 12

Cara Menghapus File Lainnya di Hp Xiaomi MIUI 12

Pada MIUI 12 kita disuguhkan dengan tampilan dari rincian penggunaan memori internal hp yang kita gunakan dengan tampilan yang lebih colorful dan juga dengan rincian data yang lebih akurat.

Namun masalah bagi para user Xiaomi masih tetap sama yaitu terdapat pada penyimpanan file lainnya yang semakin bertambah setiap harinya dan dapat memenuhi penyimpanan internal yang kita gunakan. Sehingga bisa mengakibatkan kinerja hp menjadi terasa lambat atau lemot.

MIUI 12 memang dikenal dengan desainnya yang keren dan menghadirkan banyak fitur tambahan. Akan tetapi, kita seringkali kebingungan dengan file lainnya yang terus bertambah dan tidak cara menghapusnya.

Maka dari itu, pada kali ini saya akan membagikan cara menghapus atau memperkecil ukuran file lainnya yang ada pada penyimpanan hp xiaomi yang sudah menggunakan MIUI 12.

Cara Menghapus File Lainnya di Hp Xiaomi MIUI 12

cara menghapus file lainnya hp xiaomi miui 12

Terdapat beberapa cara atau teknik yang dapat anda lakukan untuk menghapus file lainnya. Anda dapat mempraktekkan tutorial ini tidak hanya pada MIUI 12 melainkan juga bisa pada versi MIUI sebelumnya. Oke langsung saja simak langkah-langkahnya pada berikut ini.

Membersihkan file cache

Untuk membersihkan cache langkah pertama yakni masuk ke rincian data penyimpanan yang ada pada hp xiaomi melalui menu pengaturan tentang ponsel

Kemudian pilih setelan penyimpan dan untuk membersihkan file lainnya ini langsung saja pilih bebaskan ruang yang terletak dibawah
Kemudian pilih bersihkan.

Dengan membersihkan file cache tentunya akan ikut memperkecil file lainnya di hp anda.

Membersihkan trash pada galeri

Saat ini aplikasi galery xiaomi memiliki fitur trash atau tempat sampah yang memungkinkan anda untuk mengembalikan gambar atau video yang telah dihapus. Fitur ini mempunyai fungsi menyimpan file yang telah dihapus selama satu bulan sebelum file benar-benar terhapus secara otomatis.

File gambar atau video yang tersimpan inilah yang mengakibatkan penyimpanan file lainnya menjadi membengkak. Maka dari itu, anda dapat mempercepat proses penghapusan file otomatis dengan cara menghapusnya secara manual.

Untuk tutorialnya yang pertama adalah buka aplikasi galery kemudian pilih folder tempat sampah (trash). Kemudian, hapus semua file-file berupa gambar atau video yang terdapat disini. Setelah itu, saya jamin size penyimpanan lainnya pasti menjadi kecil.

Menghapus folder MIUI

Folder MIUI ini berisi data-data yang berfungsi untuk menjalankan fitur-fitur yang tersedia pada hp xiaomi. Namun, ada kalanya anda tidak membutuhkan data-data yang terdapat di folder MIUI sehingga hanya akan memenuhi ruang penyimpanan saja.

Saya sarankan anda untuk tidak menggunakan cara ini jika sering mengganti tema hp xiaomi. Hal ini dikarenakan, tema-tema yang sudah terdownload akan ikut terhapus jika Menghapus folder MIUI ini.

Nah untuk caranya sangat mudah yaitu anda hanya perlu membuka file manager dan pilih penyimpanan internal. Setelah itu, tinggal hapus folder MIUI.

Membersihkan file whatsapp di aplikasi file manager

Fitur whatsapp yang terdapat di file manager ini berfungsi untuk menampilkan gambar-gambar yang sudah didownload ataupun terkirim dari aplikasi whatsapp.

Pertama, buka aplikasi file manager bawaan hp xiaomi lalu pilih folder whatsapp yang biasanya terletak dibagian atas dalam aplikasi file manager.

Setelah itu saya sarankan untuk menghapus semua gambar yang terdapat di fitur whatsapp, karena gambar-gambar yang terdapat di fitur whatsapp ini akan terbaca sebagai file lainnya pada hp xiaomi.

Anda tidak perlu khawatir dengan file gambar penting yang terhapus karena masih tersimpan di server whatsapp. Dengan demikian, anda masih bisa mendownload ulang gambar yang menurut anda penting di aplikasi whatsaap.

Menghapus folder telegram

Apabila anda menginstal aplikasi telegram bisa jadi ini salah satu hal yang menyebabkan besarnya penyimpanan file lainnya.

Tanpa disadari jika dibiarkan secara terus menerus maka ukuran file telegram ini akan bertambah besar. Maka dari itu, anda bisa mengatasinya dengan cara menghapus folder telegram. Anda tidak perlu khawatir dengan file” penting seperti gambar dikarenakan masih bisa mendownloadnya kembali pada aplikasi telegram.

Untuk caranya yaitu buka aplikasi file manager dan pilih penyimpanan internal. Setelah itu, tekan dan tahan pada folder telegram lalu pilih hapus.

Penutup

Demikianlah informasi mengenai cara menghapus file lainnya di hp Xiaomi MIUI 12. Dengan mengikuti langkah-langkah diatas maka anda akan mendapatkan manfaat kinerja hp menjadi lebih baik dan ruang penyimpanan menjadi lebih lega.

Add comment

Ikuti Kami

Jangan malu untuk menjadi bagian dari kami. Ikuti halaman fanspage kami untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami.