IDN Blogger

Mengenal Zat Besi, Manfaatnya, dan Makanan Minuman Kaya Zat Besi

Mengenal Zat Besi dan Manfaatnya Untuk Tubuh – Pernah dengar istilah zat besi? Pasti diantara kalian sering menemui ini di buku pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam sewaktu SMP, benar? Lalu apa sih zat besi ini? Masa iya di tubuh kita mengandung besi? Tenang, yuk yuk kita bahas

Zat besi merupakan nama mineral alami yang dibutuhkan oleh tubuh untuk
memproduksi hemoglobin. Selain itu, zat besi juga mengambil peran yang
penting dalam berbagai proses di tubuh kita.

Saking pentingnya, akan ada ancaman penyakit mengerikan jika kita
kekurangan asupan zat besi. Anemia Defisiensi Besi merupakan penyakit
kekurangan sel darah merah karena asupan zat besi yang tidak memadai.

Jadi sudah kebayang kan betapa pentingnya si mineral ini? Lanjut kita bahas segudang manfaat darinya.

Manfaat Zat Besi Untuk Kesehatan Tubuh

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Zat besi ini membantu meningkatkan kadar hemoglobin ke dalam sel, jaringan
ataupun organ yang rusak. Karena kadar hemoglobin yang cukup dapat membantu mempercepat perbaikan sel rusak tersebut.

Dengan demikian, zat besi mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

2. Memperkuat Otot

Zat besi dalam jumlah yang cukup dapat membantu otot mendapatkan oksigen
yang diperlukan untuk kekuatan dan tingkat elastisitas otot kita.

Ini sangat membantu para atlet untuk meningkatkan kinerja dan juga daya
tahan mereka. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan melemahnya otot tubuh sehingga kita merasa malas dalam melakukan sesuatu.

3. Mencegah Penyakit Anemia

Seperti diketahui umum, penyakit anemia ini disebabkan oleh kurangnya sel darah merah dalam tubuh. Dimana sel darah merah ini cukup penting bagi
metabolisme tubuh.

Zat besi membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Dengan kadar
yang cukup, maka zat besi bisa membantu mencegah dan juga mengobati gejala anemia.

Gejala anemia ini antara lain suasana hati yang tidak nyaman, jantung
berdebar, hingga sesak nafas.

Zat besi yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh juga dapat mempercepat penyembuhan dan melawan infeksi.

4. Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

Salah satu manfaat dari mineral zat besi ini adalah dapat meningkatkan
kemampuan kognitif. Selain itu, zat besi yang cukup juga dapat meningkatkan
tingkat konsentrasi dan fokus.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Sebuah penelitian telah membuktikan fakta bahwa kurangnya kadar zat besi
dalam tubuh dapat mempengaruhi kualitas tidur yang buruk. Orang yang
mengalaminya akan cenderung memiliki gangguan tidur seperti insomnia dan
sleep apnea.

Maka dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya zat besi dapat
membantu meningkatkan kualitas tidur kita. Cara lain untuk meningkatkan zat
besi bisa melalui diet dan juga suplemen. Namun, jangan sampai terjadi
overdoses zat besi, karena akan menyebabkan sakit perut, kejang, kegagalan organ, bahkan resiko tertinggi berupa kematian.

Daftar Makanan Untuk Meningkatkan Zat Besi

Ada banyak cara meningkatkan zat besi dalam tubuh. Cara termudah mendapatkan asupan zat besi adalah dengan makanan. Ada banyak sekali
makanan yang mengandung zat besi. Sehingga dengan mengonsumsinya dapat membantu meningkatkan kadarnya dalam tubuh.

Makanan dan minuman sumber zat besi terbaik

Beberapa makanan yang bisa dikonsumsi guna meningkatkan jumlah zat besi dalam tubuh adalah sebagai berikut :

1. Jeroan

Salah satu makanan yang kaya akan zat besi adalah jeroan. Jeroan merupakan
makanan yang mungkin dihindari oleh kebanyakan orang tua. Ya, hal ini
karena kadar kolesterol yang sangat tinggi.

Namun, jeroan juga mengandung zat besi yang banyak. Jeroan yang memiliki
zat besi ini antara lain hati, otak, ginjal, dan jantung pada hewani. Biasanya sapi atau kambing.

2. Daging Merah

Selain jeroannya, dagingnya juga memiliki kandungan zat besi yang cukup
untuk kebutuhan tubuh. Dalam setiap 100 gram daging merah, terkandung
setidaknya 2 miligram zat besi. Dimana jumlah ini cukup untuk memenuhi
kadar kebutuhan zat besi harian.

3. Sayuran Hijau

Selain dari hewani, sumber makanan nabati juga memiliki kandungan zat besi
yang tinggi. Khususnya sayuran berwarna hijau seperti bayam, kangkung, dan brokoli.

4. Tahu

Makanan sederhana ini juga dapat memenuhi kebutuhan zat besi kamu. Dimana dalam satu mangkuk nasi yang setara 126 gram tahu, mengandung
sedikitnya 3,4 miligram zat besi.

5. Susu untuk Bayi

Susu sebenarnya cukup baik dalam membantu meningkatkan zat besi dalam
tubuh. Namun untuk anak di bawah usia 1 tahun tidak disarankan meminum susu
hewani. Bukannya menambah zat besi justru bisa menimbulkan masalah
pencernaan. Sebaiknya berikan susu ibu untuk bayi di bawah 6 bulan dan juga
susu formula untuk di atas 1 tahun.

Saat ini ada banyak merk susu tinggi zat besi yang tersebar. Namun hati-hati dalam memilihnya ya. Salah satu merk yang cukup banyak dipercaya
orang tua adalah SGM.

Penutup

Itulah pemaparan singkat tentang zat besi, manfaat, dan juga contoh makanan
dan minuman sumber zat besi terbaik dari IDNBlogger. Dari sini bisa kita
ketahui betapa pentingnya zat besi bagi tubuh kita. Terlebih bagi anak di
usia balita.

David J. Prasetyo

Cuma suka berbagi tak harap kembali bagai sang surya menyinari dunia...

Add comment

Ikuti Kami

Jangan malu untuk menjadi bagian dari kami. Ikuti halaman fanspage kami untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami.