IDN Blogger

Beli dan Jualan Backlink di MediaBacklink.com

Backlink merupakan suatu hal yang cukup kritis bagi sebagian besar blogger. Backlink juga dipercaya mampu meningkatkan authority, reputasi dan rangking di mesin pencari. Yang secara tidak langsung akan menyebut bahwa backlink ini merupakan bagian dari teknik SEO.

Maka tidak heran, banyak sekali orang yang berburu backlink dengan berbagai cara. Bahkan tidak sedikit juga orang yang rela mengeluarkan sejumlah anggaran hanya untuk mendapatkan beberapa keping tautan ke situs web mereka. Apakah kamu juga demikian?

Kali ini kita akan bahas masalah backlink, lebih tepatnya bagaimana cara mendapatkannya dan bagaimana cara berjualan backlink. Namun sebelumnya kita kenalan dulu dengan istilah backlink ini.

Mengenal Istilah Backlink dalam Dunia Blogging

Backlink atau Pranala Balik (beberapa juga disebut inlink atau inbound-link) adalah sebuah link dalam situs lain yang mengarah ke suatu situs. Dalam terminologi dasar link, backlink adalah semua tautan (link) dari situs luar yang masuk (bertujuan) ke suatu situs.

Sebagai gambaran, kita misalkan ada beberpa situs. Kita beri nama situs A, B, C, dan D. di dalam setiap siusnya memiliki link yang apabila diklik kan membawa kita ke situs tujuan. Dimana situs A memberikan link dengan situs tujuan yakni situs B. Situs C juga menaruh link yang clickable dengan target link situs B. Sedangkan situs B sendiri memberikan url tujuan pada linknya menuju situs D.

Beli dan Jualan Backlink

Dari gambaran ini bisa kita katakan :

  • Situs A backlink untuk situs B
  • Situs C juga backlink untuk situs B
  • Situs B backlink untuk situs D

Begitu seterusnya apabila ada situs lain yang memberikan pranala atau tautan ke situs lainnya.

Manfaat Backlink Untuk Perkembangan Blog atau Web

Sudah disebutkan di awal bahwa backlink ini dipercaya mampu menaikkan authority, reputasi, dan rangking. Yang merupakan bagian dari SEO, maka manfaat backlink ini sudah cukup luar biasa, bukan?

Berikut ini beberapa manfaat backlink untuk situs yang harus kamu ketahui :

1. Meningkatkan Authority

Manfaat pertama dari backlink di dunia blogging ini adalah untuk meningkatkan authority atau otoritas. Otoritas yang saya maksud bukan hanya dari segi metriks seperti Moz (DA/PA) atau web sejenisnya, melainkan otoritas di mata Google. Ya meski backlink ini juga dapat mempengaruhi nilai Domain Authority dan Page Authority situs kita.

2. Meningkatkan Nilai Metriks

MOZ, Ahrefs, SEMRUSH, dan beberapa website SEO Insight memiliki penilaian terhadap suatu situs. Perusahaan ini memberikan nilai terhadap situs dengan berdasar beberapa kriteria atau faktor yang mereka tentukan. Beberapa faktor yang mereka gunakan adalah Google Indexs, Alexa Rank, Backlinks, Social Share, dan lain sebagainya.

Karena backlink termasuk di dalamnya, maka dengan backlink yang berkualitas ke situs kita maka akan memungkinkan untuk menaikkan metriks situs kita di alat penilaian milik MOZ dan kawan-kawannya.

3. Mempercepat Index dan Crawl

Google memiliki sejumlah robot yang mereka namai dengan Googlebot. Salah satu robot yang mereka ciptakan ada yang bertugas untuk merayapi situs-situs yang ada di seluruh dunia. CrawlBot atau ada yang menyebutnya juga SpiderBot adalah robot yang akan merayapi setiap situs dan mendeteksi secara otomatis keyword, topik, struktur, hingga tautan dari sebuah halaman situs.

Mereka tidak serta-merta merayapi, namun juga mempelajari perintah-perintah yang mungkin ada di halaman tersebut. Perintah-perintah ini secara umum tersimpan dalam file robots.txt di dalam root domain situs. Meski demikian ada pula beberapa perintah yang di khususkan untuk robot perayap namun tidak terdapat pada file tersebut, semisal rel=” pada element anchor text atau link.

Rel=” ini awalnya hanya berisi perintah dofollow (perintah untuk dirayapi) dan nofollow (untuk tidak dirayapi). Namun pada perkembangan terbaru, rel ini ditambah dengan ugc, sponsored, dan Noopener. Dengan memahami perintah ini bot akan tahu apa yang harus dilakukan pada halaman tujuan dari link-link tersebut.

Beberapa pakar SEO percaya anchor text yang digunakan untuk backlink akan lebih baik apabila diberikan rel Dofollow. karena bot perayap juga akan merayapi situs tujuan. Semisal bot merayapi situs A, karena di dalamnya terdapat anchor text menuju situs B dan bersifat dofollow, maka bot juga akan merayapi situs B saat itu juga.

Dengan demikian, backlink juga mampu bermanfaat untuk mempercepat crawl, yang nantinya juga akan berimbas pada indeks di mesin pencari.

4. Meningkatkan Trafik Kunjungan

Ketika menanam backlink, maka akan ada anchor text di situs yang kita tanam. Anchor text atau link ini bersifat clickable alias bisa diklik. Dimana ketika link kita klik, akan mengarah ke situs tujuan. Jika kita sudah dibawa ke situs tujuan, maka kita masuk dalam hitungan trafik kunjungan.

Jika kita mendapat backlink dari situs dengan trafik ribuan perhari, dan semisalnya ada sekitar 10% pengunjung situs tersebut yang melakukan klik tautan kita, maka kita bisa saja mendapatkan ratusan kunjungan dari situs tersebut.

Besarnya kunjungan ini bisa bermanfaat sekali bagi situs kita. Jika kita memiliki iklan dengan sistem CPM atau Cost per Mile yang artinya kita dibayar per seribu tayangan, maka penghasilan kita dari iklan tersebut semakin besar juga. Belum lagi jumlah klik iklan yang akan menambah saldo pendapatan blog kita.

5. Sebagai Sarana Promosi dan Branding

Pada beberapa kasus, proses penanaman backlink ini dilakukan dengan cara menerbitkan konten di situs lain. Pada konten tersebut bisa kita isi tentang situs kita atau jika memiliki produk bisa memberikan ulasan mengenai produk kita. Dengan kemasan konten yang baik dan tautan yang memancing klik, maka backlink yang seharusnya hanya “tautan masuk”, ini bisa kita jadikan media promosi dan peningktan personal branding yang bagus..

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Ada banyak cara untuk mendapatkan backlink berkualitas. Mulai dari cara gratisan hingga berbayar. Tentunya ada nilai tambah tersediri jika kita mau menganggarkan sebagian uang kita untuk investasi backlink. Beberapa cara yang sering dilakukan ialah :

1. Cara Gratisan

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan backlink secara gratis. beberapa diantaranya ialah :

  • Guest Post
  • Komentar
  • Guest Book
  • Social Bookmark
  • Lainnya…

Karena gratisan, maka kita harus kerja ekstra dan melakukan beberapa langkah untuk mendapatkan backlink. Selain itu, terkadang backlink yang didapatkan tidak bersifat permanen. Belum lagi jika backlink yang kita sematkan di komentar dianggap spam. Jadi, perlu kehati-hatian dalam melakukannya.

2. Cara Berbayar

Cara paling mudah dalam melakukan penanaman backlink ialah dengan cara berbayar. Selain sederhana, backlink yang didapat dengan cara berbayar memiliki kualitas yang baik dan juga tahan lama, bahkan permanen. Dengan catatan tahu bagaimana mencari backlink yang baik.

Jika dirasa kesulitan, bisa dengan memanfaatkan layanan backlink berkualitas dari marketplace khusus backlink. Salah satunya ialah mediabacklink.com.

Mengenal Mediabacklink.com : Marketplace Backlink Berkualitas di Indonesia

Mediabacklink.com merupakan jaringan marketplace khusus untuk jual-beli backlink. Selayaknya marketplace barang, di mediabacklink.com juga menampilkan berbagai produk berupa situs-situs dengan berbagai harga. Selain itu, juga diberikan informasi detail mengenai metriks seperti DA/PA, Alexa dan sejenisnya.

Anda bisa mencari calon situs yang akan dijadikan backlink sesuai keinginan Anda. Tentunya semua situs di mediabacklink.com telah melalui proses seleksi dan dipastikan berkualitas.

Keuntungan Membeli Backlink di MediaBacklink.com

Adapun keuntungan membeli backlink di marketplace ini adalah sebagai berikut :

  • Mendapatkan backlink berkualitas, aman, dan tentunya sesuai kriteria Anda,
  • Meningkatkan penjualan produk karena di review di situs-situs lain,
  • Meningkatkan kualitas web, baik dari segi metriks seperti DA, PA, TF, CF, dan Alexa,
  • Memperluas promosi dan menjangkau lebih banyak calon konsumen,
  • dan manfaat positif lainnya…

Cara Mendapatkan Backlink di MediaBacklink.com

Adapun cara mendapatkan backlink di mediabacklink.com adalah sebagai berikut ini :

  1. Kunjungi mediabacklink.com dan lakuakn pendaftaran pada umumnya,
  2. Jangan lupa cek email dan verifikasi akunnya,
  3. Jika sudah silahkan login ke akun mediabacklink Anda dengan memilih menu LOGIN.
  4. Pada menu dashboard, silahkan lengkapi profile dengan klik EDIT INFO
    Mediabacklink.com - Layanan Backlink Berkualitas
    Mediabacklink.com – Layanan Backlink Berkualitas
  5. Jika sudah silahkan klik menu Beli Backlink
  6.  Silahkan pilih blog atau situs yang ingin dipasang backlink. Anda juga bisa melakukan sortir berdasarkan filter yang ditetapkan.
  7. Centang kolom di sebelah kanan daftar blog untuk memilih beberapa bog sekaligus, dan klik lanjutkan.
  8. Isi brief sesuai kriteria backlink yang Anda harapkan, mulai dari anchor text, keyword, url, dan brieft tambahan isi di kolom catatan.
  9. Tunggu 2-3 hari, blogger akan mengkonfirmasi dan segera menayangkan artikel berisi backlink Anda secepatnya.
  10. Selesai, tidak ribet, dan yang pasti tertarget.

Mendapatkan Cuan dari MediaBacklink.com

Selain membeli baclink, kita juga bisa menjual backlink. Backlink yang kita jual adalah backlink dari situs/blog kita menuju link pembeli/advertizer. Adapun cara menjual backlink dan menghasilkan uang dari marketplace backlink ini adalah sebagai berikut :

  • Pada langkah pertama ialah melakukan pendaftaran dan verifikasi, untuk prosesnya sama dengan pada poin sebelumnya nomor 1 hingga 4, jika sudah lanjut ke proses selanjutnya.
  • Jika sudah lengkap, silahkan klik BLOG SAYA lalu tambahkan blog Anda,
  • Isi semua kolom yang disediakan.
  • Tunggu tim Media Backlink mereview blog.
  • Jika sudah disetujui, maka tinggal menunggu ada yang membeli backlink di blog kita.
  • Jika sekiranya ada pembeli backlink, maka akan ada notifikasi di menu JUAL BACKLINK
  • Silahkan buka dan lihat brieft yang diberikan, jika dirasa oke silahkan TERIMA ORDER dan lakukan pengerjaan sesuai brieft,
  • JIka sudah terpublikasi, jangan lupa mengirimkan report dengan klik SELESAI dan masukkan link postingan backlink kita tadi.

Pastikan mengirimkan report sebelum jatuh tempo. Biasanya tempo sekitar 3 hari, maka lakukan penyelesaian sebelum waktu tersebut. Juga penting diingat, agar membuat konten sesuai brieft, agar tidak ada revisi atau pembatalan setelah report diterima.

Untuk pencairan bisa dilakukan dengan melakukan klik menu DOMPET > PENARIKAN, adapun minimal penarikan adalah Rp 350.000,. Jika blog kamu berkualitas maka akan dihargai mahal, mungkin 2x order sudah bisa payout.

Penutup

MediaBacklink.com merupakan marketplace backlink yang memungkinkan orang untuk membeli ataupun menjual backlink. Backlink sendiri dipercaya mampu meningkatkan reputasi, authority, dan rangking website di mesin pencari, sehingga akan sangat baik untuk SEO website kita. Selain itu, backlink juga mampu digunakan untuk media promosi produk atau layanan kita dan menjangkau calon konsumen lebih luas lagi.

David J. Prasetyo

Cuma suka berbagi tak harap kembali bagai sang surya menyinari dunia...

Add comment

Ikuti Kami

Jangan malu untuk menjadi bagian dari kami. Ikuti halaman fanspage kami untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami.