IDN Blogger

LOMBA BLOG Bank Indonesia Deadline 31 Januari, Total Hadiah 22 Juta

Bank Indonesia bekerja sama dengan PT. Media Televisi Indonesia (Medcom Group) mengadakan Festival Esukasi Bahasa Indonesia (Feskabi) 2020. Di dalam festival ini terdapat beberapa event yang bertujuan untuk mengedukasi penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Salah satu eventnya ialah Blog Competition. Berikut ini adalah informasi detail dari Lomba Blog Bank Indonesia.

Blog Competition alias lomba blog sendiri merupakan lomba yang dapat diikuti oleh para pemilik halaman atau situs blog. Seperti yang diketahui, blog berisikan konten yang sebagian besar adalah artikel. Maka sudah pasti bahwa pada lomba blog yang dilombakan adalah artikel yang ada di dalamnya.

Begitu juga dengan lomba yang diadakan oleh Bank Indonesia ini. Pada lomba ini, artikel yang dilombakan harus dipublikasi di blog milik kita sendiri. Yang mana nantinya akan kita daftarkan untuk dinilai melalui halaman pendaftaran yang sudah disediakan. Adapun persyaratan dan ketentuan dalam lomba ini bisa dilihat pada artikel ini.

Lomba Blog Bank Indonesia 2021

Persyaratan Umum Lomba Blog Bank Indonesia

Ada beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh peserta. Karena sifatnya umum, maka semua peserta harus mengikuti dan memenuhi serta menyetujui persyaratan ini tanpa terkecuali. Adapun persyaratannya ialah sebagai berikut :

  1. Peserta merupakan Warga Negara Indonesia (WNI),
  2. Berdomisili di wilayah Negara Republik Indonesia,
  3. Memiliki kartu identitas yang berlaku, baik KTP, SIM, Kartu Pelajar, ataupun Paspor. Dan wajib diperlihatkan saat verifikasi pemenang,
  4. Wajib memiliki akun Blog serta beberapa media sosial, yakni : Youtube, Facebook, Twitter, dan Instagram,
  5. Peserta wajib mengikuti, mensubscribe, dan menyukai semua sosial media milik penyelenggara. Jika tidak dilakukan salah satu, maka akan secara otomatis di diskualifikasi.

Tema dan Mekanisme Perlombaan Bank Indonesia

Adapun tema yang diusung pada lomba blog kali ini ialah “Yuk, Manfaatkan Transaksi Digital untuk Kemajuan Ekonomi Nasional!”, tema ini yang harus dijadikan dasar pembahasan di dalam artikel yang dilombakan. Sedangkan untuk mekanisme dari perlombaan ini ialah sebagai berikut :

  1. Jumlah kata yang dilombakan minimal 400 kata,
  2. Tulisan tidak mengandung SARA, Kekerasan, dan Ponografi,
  3. Wajib menyertakan  kebijakan dan juga produk yang telah dikeluarkan oleh Bank Indonesia,
  4. Peserta wajib mendaftar dan melakukan submit hasil tulisan di microsite medcom Digital Content Competition, adapun linknya adalah https://site.medcom.id/feskabi
  5. Jika telah melakukan pendaftaran, peserta wajib melaukan submit hasil tulisan dengan file PDF yang di dalamnya berisi Nama, sinopsis dan link dari artikel yang sudah kita buat.

Dalam pembuatan konten ada baiknya melihat kriteria penjuriannya, lalu apa saja kriterianya? Tidak terlalu banyak kriteria yang diperluka untuk memperbesar peluang kemenangan, yakni :

  • Kesesuaian artikel dengan tema yang dibawakan
  • Kualitass dan Value dari blog, yakni meliputi :
    • Kedalaman pembahasan,
    • Daya tarik,
    • dan Nilai guna yang dihasilkan,

dengan memenuhi beberapa kriteria tersebut, maka kemungkinan menang akan semakin besar.

Waktu Lomba dan Pemenang

Adapun waktu terselenggaranya lomba blog berhadiah total senialai 22 juta rupiah ini ialah mulai 24 November 2020 hingga 31 Januari 2021.

Pada akhirnya, pihak penyelenggara yaitu Bank Indonesia dan Metro TV akan memilih 3 (tiga) pemenang utama. Adapun hadiah yang akan di dapatkan ialah sebagai berikut :

  • Juara 1 : 10.000.000,-
  • Juara 2 :  7.000.000,-
  • Juara 3 :  5.000.000,-

Untuk informasi lebih lengkapnya, bisa langsung lihat file PDF Berikut ini : KETENTUAN DIGITAL CONTENT COMPETITION
Sedangkan untuk pendaftaran dan submit artikel bisa dilakukan di https://site.medcom.id/feskabi

David J. Prasetyo

Cuma suka berbagi tak harap kembali bagai sang surya menyinari dunia...

Add comment

Ikuti Kami

Jangan malu untuk menjadi bagian dari kami. Ikuti halaman fanspage kami untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami.