IDN Blogger
Penyebab Dan Solusi Akun Adsense Terkena Pembatasan

Penyebab Dan Solusi Akun Adsense Terkena Pembatasan

Bagi sebagian Publisher ketika terkena pembatasan, Pasti sangat bingung kenapa kok bisa kena. Apalagi ketika udah ada target bulan depan gajian ehh kena pembatasan. Pastinya sedih banget bukan? Ya sama aku juga pernah kayak gitu.

Bagimana ngga sedih coba bunda. Ketika Akun kita terkena pembatasan, Maka iklan yang tampil menjadi sangat sedikit dan pendapatan dari Adsense turun drastis. Dan Akun Adsense yang terkena masalah ini bisa cukup lama kelarnya. Bahkan bisa berbulan-bulan jika pilotnya lengah sedikit.

Buat para blogger yang terkena pembatasan saat ini juga, Alangkah baiknya tenang saja. Simpan rasa kecewa dan sedih dalam hati. And coba baca artikel ini sampai kelar biar tahu apa saja yang menyebabkan Akun Adsense terkena pembatasan dan solusi bagaimana cara mengatasi akun Adsense ketika iklan dibatasi.

Iklan Dibatasi Oleh Adsense

Bagi Adsense sendiri yang menerapkan program ini yaitu bertujuan untuk menjaga ekosistem periklanan yang baik untuk pengiklan dan juga penayang.

Hal ini wajar saja sih, Karena agar menjaga para pengiklan untuk tidak terkena kerugikan ketika beriklan di Adsense. Dan untuk publisher sendiri yang terkena pembatasan terbagi menjadi dua jenis yaitu pembatasan Akun Sedang Dinilai dan pembatasan Trafik Tidak Valid.

Apa Perbedaan keduanya ?

Untuk akun sedang dinilai biasanya Adsense akan menilai akun beserta trafiknya apakah aman atau tidak. Dan untuk Akun sedang dinilai biasanya cukup lama Warningnya.

Bahkan ketika aku survey ke para publisher yang terkena pembatasan jenis ini, Ada yang bilang terkena masalah ini sampai 3 bulan lamanya dan ngga kelar-kelar. Tapi tetap untuk pembatasan jenis ini bisa kelar masalahnya dan ini semua tergantung pilotnya.

Untuk Trafik Tidak Valid sendiri umumnya paling lama untuk pertama kena yaitu 30 hari atau 1 bulan (lama juga ya bund, Tapi untuk pertama kena). Dan untuk kedua ketiganya umumnya 1-2 Minggu saja.

Tapi ada beberapa publisher yang memberikan pengalaman juga yang terkena pembatasan cuma 5 hari dan ada juga bahkan ada 4 bulan. Kok bisa gini ya (ya ini karena Adsensenya ya bund, Agak baper sih mbah Google sekarang) Tapi semua ini juga masih tergantung Pilot dan websitenya. Jika menurut Adsense aman, Ya bakal cepat hilang notifnya dan jika meragukan ya tetep lanjut ya bunda cobaannya.

Penyebab Adsense Terkena Pembatasan

Menurut Adsense yang tersedia di webnya Mbah Google, Masalah Ini bisa terjadi karena Invalid Trafik. Tapi tapi dan tapi, Ada penyebab lain yang perlu bunda ketahui. Bahwa ada beberapa penyebab kenapa bisa sampai dibatasi dan ini saya survey langsung ke para publisher yang terkena masalah ini.

1. Invalid Click

Pertama Invalid klik yang luar biasa banyak dan RKT sampe BOOM. Terutama Bom Klik yang luar biasa banyak dan pastinya ini akan kena sepak terjang Adsense.

Tapi tenang saja ya bunda, Walau terkadang bisa kena pembatasan. Namun Google sekarang bertambah IQ nya, Jika terkena Invalid biasanya akan berkurang ya bund klik nya dengan sedikit demi sedikit. Jadi agak tenang ya bunda sekarang kalau kena Invalid.

2. Trafik Organik Lebih Sedikit Ketimbang Trafik Lain

Trafik Organik sekarang lebih dipentingkan oleh Mbah Google. Dan jika trafik organik lebih sedikit ketimbang trafik lain, Biasanya langsung ada notifikasi pembatasan ya bund. Trafik lain itu seperti trafik sosial media atau trafik dari website lain.

Hal ini tentunya bikin Google merengut dan diberi surat pembatasan untuk website yang trafik Organik nya sangat minim. Bahkan bagi beberapa pemain Social Media To Adsense, Sudah banyak sekali yang kena pembatasan.

Tapi perlu diingat, bukan berarti share link website ke sosial media itu tidak aman untuk Iklan Adsense. Namun, juga perlu di seimbangkan dengan trafik organic dari search engine agar tidak tidak kena “Iklan Dibatasi” oleh Adsense.
Dan kedua penyebab diatas merupakan hal paling umum untuk masalah Akun Adsense yang terkena pembatasan. Jadi perlu ingat ya bund biar aman main Adsensenya.

Tapi perlu diingat lagi ya bund, di mana saat saya survey ada beberapa hal juga yang menyebabkan Akun Adsense terkena pembatasan seperti berikut :

  1. Menggunakan Iklan dalam Safelink
  2. Bounce rate bengkak
  3. Pengunjung cuma numpang klik iklan
  4. Menggunakan Floating Ad
  5. Bom klik
  6. Jigling

Jadi bisa jadi pembelajaran ya bund agar mengamankan website dengan script anti jigling dan bom klik dan juga hindari mainan aneh-aneh dengan iklan Adsense.

Nafsu dalam menghasilkan lebih banyak earning boleh saja ya bunda tapi ingat bunda, Berlebihan itu tidak baik. Terlebih lagi dalam memperoleh earning dari Adsense dengan memasang cukup banyak iklan di websitenya.

Lantas apakah ada solusi buat Akun Adsense yang terkena pembatasan ? jelas ada. Buat apa saya bikin artikel kalo ngga ada solusi.

Solusi Akun Adsense Terkena Pembatasan

Adsense sendiri sudah memberikan keterangan tentang apa yang harus dilakukan ketika akun terkena iklan dibatasi. Tapi, Saya akan berusaha melengkapinya sesuai pengalaman dari orang dan saya sendiri pastinya.

1. Terus Update Konten

Ketika Akun Adsense terkena iklan dibatasi. Jangan coba-coba untuk dibiarin aja ya bunda. Alangkah baiknya terus update konten dan tunjukkan yang terbaik kepada Adsense.

Adsense sendiri memberikan jawaban untuk publisher agar terus update konten ketika terkena masalah ini. Selain untuk memicu trafik organik yang bertambah banyak, Dengan update konten maka bisa jadi bukti bahwa website tetap dalam kinerja yang bagus dan aktif selalu.

2. Hubungkan Akun Adsense Dengan Google Analytic

Apa kaitannya coba Adsense dengan Analytic ? Jelas ada kaitannya. Dengan kita menghubungkan Adsense dengan Analytic, Maka kita bisa tahu sumber trafiknya dan bisa memperbaikinya dengan fokus trafik organik.

3. Perbanyak Trafik Organik

Google Adsense sangat menyukai trafik website dari search engine atau organik ketimbang trafik lain seperti sosial media. Bunda bisa fokus untuk mencari trafik Organik dengan terus menerapkan ilmu-ilmu SEO dan hindari dulu sementara untuk tidak share ke url website ke sosial media.

4. Copot Semua Iklan

Saat akun Adsense terkena pembatasan, Maka jangan berharap lebih untuk mendapatkan pendapatan dari Adsense. Karena iklan akan sangat minim tampilnya bunda. Jadi sementara waktu copot terlebih dahulu script-script iklan yang tertanam sampai Adsense benar-benar pulih.

Hal ini juga untuk menghindari Bom Klik karena saya pernah mengalami saat terkena pembatasan. Tiba-tiba saja terdeteksi klik iklan yang sangat banyak, Padahal akun terkena pembatasan. Hal ini menyebabkan RKT yang meningkat tajam dan sport jantung karena takut akun kenapa-kenapa.

Tapi untungnya aman-aman saja setelah saya melaporkan aktivitas bom klik ke Adsense. Jadi baiknya bunda copot saja sementara, Toh juga iklan minim tampil ya bund.

Untuk solusinya memang itu saja ya bunda. Dan saya doakan cepat kelar dari masalah ini. Dan juga saya ingin memberi tahu sedikit kepada bunda, Gimana langkah-langkah yang tepat setelah pembatasan udah kelar dan agar tidak terkena lagi dari pembatasan Adsense.

Tips Menghindari Iklan Dibatasi Adsense

1. Jangan Buru-buru Pasang Iklan

Setelah bunda mencopot semua iklan Adsense sampai kelar pembatasan. Langkah selanjutnya menunggu beberapa hari atau satu minggu sebelum memasang iklan ke Website. Hal ini untuk menghindari terkena notifikasi pembatasan lagi dari Adsense.

Karena saya sendiri dan beberapa rekan blogger lainnya pernah mengalami hal ini. Entah karena udah ngga sabaran buru-buru ingin memasang atau karena nafsu ingin mendapatkan earning waktu itu. Saya pun mencoba langsung memasang scriptnya kembali dan yang terjadi setelah beberapa jam kemudian dapat notifikasi lagi.
Jadi buat pelajaran aja ya bunda agar untuk bersabar sedikit lagi sebelum memasang iklan. Agar tidak terulang lagi masalah yang sama.

2. Optimasi Peletakan Iklan

Jangan terlalu barbar juga ya bunda dalam peletakan iklan. Intinya sewajarnya aja dalam memasang iklan agar tidak terjadi invalid klik yang cukup banyak dan menjaga agar RKT tidak membengkak karena kebanyakan klik iklan.

3. Jangan Terlalu Banyak Mencari Trafik Lain

Mencari trafik lain seperti ke sosial media boleh saja, Namun secukupnya aja. Jangan sampai melebihi trafik organik yang berujung masalah serupa lagi. Karena perlu diingat bahwa notifikasi ini bisa datang kapan saja dan berulang kali jika publishernya dinilai nakal mulu oleh mbah Google.

Kesimpulan

Ya mungkin itu saja bunda pengalaman yang bisa saya bagikan tentang Akun Adsense yang terkena pembatasan. Selain dari pengalaman, Informasi diatas berdasarkan survey yang saya lakukan langsung dengan bertanya kepada para publisher yang terkena masalah ini. Semoga akun bunda cepat pulih dan gajian karungan lagi dari Adsense. Terimakasih telah membaca dan Jangan Lupa Nulis Gan.

IDN Blogger

Add comment

Ikuti Kami

Jangan malu untuk menjadi bagian dari kami. Ikuti halaman fanspage kami untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami.