Katalon: Pengertian, Cara Kerja, Hingga Manfaat Katalon

Pastinya dalam pikiran kamu terkhusus untuk pada programmer android ketika mendengarkan sebuah kata yaitu Automated Testing pastinya dalam arti kata tersebut terdengar susah, pengerjaan coding dan lain sebagainya. Tetapi dilain itu semua pastinya bagi kamu yang akan bergelud dalam dunia program mau tidak mau pastinya kamu harus belajar yang berhubungan dengan hal tersebut dimana seiring berjalannya waktu kamu pasti akan lebih mengenal lebih jauh dari hal tersebut.

Berbicara soal menciptakan sebuah aplikasi ataupun software yang tidak memiliki sebuah bug pastinya membuhkan sebuah progres yang cukup lama, bukan hanya itu saja tetapi dari mekanisme automated testing pastinya dibutuhkan sebuah proses pengujian dari perangkat lunak tersebut. Tetapi untuk mengatasi hal tersebut kamu tidak perlu khawatir dalam hal ini Katalon automation testing tool solusinya, dimana tools ini sedang ramai-ramainya diperbincangkan dalam dunia QA Engginer. Oleh sebab itu, mari kita bahas lebih jauh mengenai katalon tersebut.

Apa Itu Katalon?

Katalon merupakan sebuah software berbasis testing otomatis yang digunakan dalam menguji kualitas sebuah aplikasi ataupun software yang nantinya akan dipublikaskan. Software ini telah dipublikasikan pada bulan september 2016 yang sampai saat ini sukses menembus ke pasar hanya dalam kurung waktu tahun saja.

Katalon Studio

Selain itu tools ini mereka beri nama dengan sebutan katalon studio dan biasanya digunakan dalam melakukan pengujian tester aplikasi berbasis mobile, API, maupun browser dan uniknya lagi untuk anda yang tidak bisa atau lemah dalam bahasa coding, tools ini sangat cocok karena katalon tidak mewajibkan anda untuk menguasai bahasa tersebut.

Selain itu, kelebihan dari tools katalon lainnya yaitu kemampuan dalam melakukan pengujian seluruh browser ataupun crooss-browser. Dimana script yang telah anda susun dapat dijalankan diberbagai macam browser loh yang pastinya dapat menghemat waktu anda.

Lalu Bagaimana Cara Kerja Katalon?

Dalam membuat sebuah test case hal yang paling dasar yang harus anda lakukan yaitu dengan melakukan record, dimana hal tersebut sudah dijelaskan dalam dokumentasi katalonnya. Untuk melakukan hal tersebut anda hanya menekaan tombol record pada tombol warna merah dan kemudian tuliskan url web apa yang ingin anda lakukan test pada box starting.

Setelah itu silahkan tekan tombol record yang berada pada samping icon mozila karena secara defaultnya tools ini menggunakan browser mozila firefox. Nantinya web akan terbuka dan semua action akan mulai terekam dengan sendirinya.

Apabila seluruh proses sudah cukup, kamu hanya tinggal menekan tombol stop untuk menghentikan rekaman dimana biasanya tombol tersebut berada pada paling kanan setelah itu klik tombol OK. Untuk mencarinya pilih destinasi folder repository dan klik OK.

Untuk menjalankan hasil dari test automation yang telah kira rekam sebelumnya caranya sangat mudah anda hanya menekan klik rombol run yang berada diatas makan secara otomatis test automation akan berjalan dengan secidirinya.

Penutup

Itulah beberapa informasi yang telah saya sediakan untuk anda para pengujung website IDN Blogger mengenai pengertian, manfaat dan bagaimana cara kerja dari katalon tersebut. Lebih dan kurang saya mohon maaf sekian dan terima kasih.

Leave a Comment