IDN Blogger
Apa Itu Monetisasi? Berikut Penjelasan dan Fungsinya

Apa Itu Monetisasi? Berikut Penjelasan dan Fungsinya

 

Mungkin bagi beberapa kalangan, kata monetisasi atau monetize masih cukup asing, bahkan ada yang belum pernah mendengarnya sama sekali. Namun bagi orang yang sudah bekecimbung di dunia bisnis, khsusnya internet pasti sudah tidak asing lagi dengan kata ini. Lantas apa itu monetisasi?

Kata monetisasi biasa digunakan pada sebuah mobile app, website blog, YouTube, API dan lain sebagainya. Kebanyakan orang hanya mengartikan kata tersebut dengan istilah menghasilkan uang. Namun belum semuanya mengerti dan paham betul bagaimana proses monetisasi tersebut. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Apa itu Monetisasi?

Monetisasi sangat erat kaitannya dengan kata monetize, monetization dan juga monetized. Meskipun terlihat tidak jauh berbeda, namun sebenarnya ketiga kata tersebut memiliki makna berbeda tergantung dari konteksnya.

Monetize dalam bahasa Indonesia berarti menghasilkan uang, yakni lebih mengacu pada proses mengubah item atau benda yang tidak menghasilkan nilai ekonomi menjadi uang tunai. Misalnya, pemilik situs web kemudian memonetisasi web dengan membuka ruang bagi advertiser (pengiklan). Sehingga dapat mendapatkan penghasilan yang bersumber dari berbagai iklan yang disematkan pada konten yang ditulis oleh pemilik situs.

Sementara kata monetization lebih mengacu pada kata monetisasi, khususnya di negara Indonesia. Kedua kata tersebut akan memiliki makna berbeda, sesuai dengan konteks yang dibicarakan.

Misalnya, Bank Indonesia memonetisasi utang dengan cara membeli obligasi pemerintah, yang mana nantinya akan digunakan untuk membiayai layanan kesehatan. Nah, kata monetisasi dalam konteks tersebut, berbeda dengan monetisasi yang terjadi pada website ataupun instagram.

Monetisasi pada website, Instagram, YouTube atau media sosial yang lain adalah program bisnis yang biasa dilakukan oleh orang zaman now. Jika diperhatikan sekilas, memang terkesan sangat mudah, Anda hanya perlu menyediakan blog pribadi atau media sosial seperti YouTube, Instagram, TikTok, Facebook dan lain sebagainya, dan Anda bisa mendapatkan penghasilan yang nilainya tidak sedikit.

Baca juga : tempatnya beli domain murah

Akan tetapi, pada kenyataannya proses yang dilakukan tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Anda perlu melakukan beberapa cara untuk memonetisasi akun website atau media sosial. Seperti menjadi influencer, mengajukan izin iklan pada Google Adsense. Jika pengajuan izin disetujui, maka hal tersebut berarti Anda dapat menghasilkan uang dari blog pribadi.

Terlebih jika konten yang Anda sajikan begitu menarik pengguna internet untuk melihat dan berkunjung, maka kemungkinan Anda mendapatkan uang kian terbuka. Selain memuat konten, Anda juga dapat memaksimalkan situs web sebagai media promosi produk.ย  Tidak hanya situs website, Anda juga dapat melakukan monetisasi untuk media sosial, contohnya TikTok, YouTube maupun Instagram.

Jenis โ€“ Jenis Monetisasi

Dalam menerapkan monetisasi, Anda dapat memilih beberapa cara atau metode. Seperti:

  • Menayangkan iklan

Menyediakan ruang bagi perusahaan yang ingin beriklan di website Anda.

  • Google AdSense

Menyediakan ruang iklan secara bebas dan mengenakan biaya terhadap iklan yang ingin ditampilkan.

  • Pemasaran Afiliasi

Menjual layanan atau produk perusahaan lain melalui situs Anda.

  • Iklan Notifikasi Web-Push
  • Konten Bersponsor

Situs Anda dapat menambahkan konten dari web lain yang tentu saja harus relevan.

  • Donasi

Jika situs yang Anda berikan bermanfaat dan berharga bagi pembaca, misalnya dalam menghibur atau menyelesaikan masalah secara cuma-cuma alias gratis. Sehingga untuk monetize atau menghasilkan uang adalah dengan cara meminta pengunjung untuk memberikan sumbangan.

Kelebihan Melakukan Monetisasi

Dalam melakukan suatu hal, terlebih yang berhubungan dengan uang, pasti Anda akan mempertanyakan perihal kelebihan atau keuntungan yang akan diperoleh, bukan? Sebagai salah satu bisnis yang digandrungi oleh generasi Z, monetisasi akan memberikan Anda berbagai keuntungan, seperti:

  • Meningkatkan Revenue (Pendapatan)

Nah, meningkatkan pendapatan adalah manfaat utama dan yang paling dicari. Menerapkan program monetisasi situs web adalah keputusan yang sangat penting karena akan membuka peluang Anda untuk meraih pendapatan yang lebih besar.

Monetisasi web dapat menjadi pekerjaan paruh waktu, bahkan menjadi yang utama jika situs web Anda memiliki traffic (lalu lintas) yang sangat tinggi.

  • Membuka Kemungkinan Pendapatan Utama dari Blog Pribadi

Menjadi blogger tidak hanya sekedar nampang di dunia maya, namun dengan menjadi blogger Anda juga dapat menghasilkan uang. Seorang blogger biasanya akan menentukan beberapa jenis motenisasi dan tidak terpaku pada satu atau dua jenis saja.

  • Kesempatan Memperoleh Pendapatan Pasif

Tersedia beberapa pilihan untuk monetize web, hanya dengan sekali pengaturan, misalnya iklan push web atau iklan bergambar. Usai melakukan pengaturan, traffic (lalu lintas) website akan menghasilkan pundi pundi uang, tanpa Anda harus bekerja untuknya.

  • Memberikan Anda Beberapa Opsi

Memonetisasi web tidak hanya dilakukan dengan satu cara saja, namun tersedia berbagai cara untuk mulai monetisasi situs website. Oleh karena itu, memilih jenis monetisasi situs website yang cocok dengan kegemaran atau kemampuan Anda sangatlah penting.

Sebagai contoh Anda seorang blogger instruktur senam, maka ada baiknya jika Anda mengiklankan baju senam, sepatu olahraga, obat diet herbal dan toko seputar alat olahraga. Kemudian jika Anda seorang beauty blogger, maka sangat tepat untuk merekomendasikan skincare terbaik, lip cream terbaik atau peralatan make up lainnya.

  • Berbagi Ilmu

Langkah pertama yang perlu dilakukan agar dapat monetisasi, Anda harus membuat konten melalui platform pribadi, bisa melalui TikTok, YouTube, blog atau instagram. Sebelum membuat konten, sebaiknya teliti terlebih dahulu apa kemampuan Anda dan apa alasan audiens agar tertarik dengan konten yang Anda muat.

Secara sengaja atau tidak sengaja, dari situlah Anda dapat membagikan ilmu kepada pengunjung.

  • Menambah Wawasan pada Dunia Digital

Gaya hidup masyarakat dari tahun ke tahun pasti akan mengalami perubahan yang menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Jadi, menambah wawasan dengan melakukan monetisasi sangatlah penting. Anda jadi bisa memahami betul bahwa menghasilkan uang tidak hanya dapat dilakukan secara offline, namun juga secara online atau internet.

Kekurangan Monetisasi

Selain mengantongi segudang kelebihan, monetisasi juga masih memiliki beberapa titik lemah atau kekurangan. Seperti:

  1. Butuh waktu agak lama untuk dapat menghasilkan.
  2. Pendaftaran Google AdSense terbilang gampang-gampang susah karena ada peraturan dan kriteria yang cukup rumit.
  3. Jumlah bayaran blog Indonesia dapat dibilang terlalu kecil.
  4. Rawan terkena banned karena atruran Google Adsense yang terlalu kompleks dan rumit.
  5. Semakin banyak yang menggunakan adblocker, yakni fitur pemblokir iklan,
  6. Google AdSense justru memperlambat blog dikarenakan terlalu banyak kode khusus untuk menampilkan iklan pada struktur blog.
  7. Terlalu banyak iklan justru malah membuat pembaca pergi dan enggak berkunjung lagi.

Kesimpulan

Dengan menjamurnya media online serta aset digital, menambah wawasan serta ilmu pengetahuan dalam dunia digital sangatlah penting. Monetisasi adalah salah satu keputusan yang tepat untuk mendapatkan penghasilan tambahan bahkan lebih segnifikan.

Jika Anda masih bertanya-tanya, ap aitu monetasi, ini merupakan proses pengubahan benda atau aset menjadi sumber pendapatan. Hal tersebut tidak hanya bisa diterapkan pada website saja. Melainkan beberapa platform media sosial seperti TikTok, YouTube dan Instagram.

IDN Blogger

1 comment

Ikuti Kami

Jangan malu untuk menjadi bagian dari kami. Ikuti halaman fanspage kami untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami.