Apa Itu Baja Galvanis dan Untuk Apa Digunakan?

IDN Blogger – Baja galvanis adalah salah satu dari banyak produk unggulan yang digunakan dalam industri konstruksi. Keberhasilannya berkat berbagai sifat dan kualitasnya.

Pada artikel ini, kita akan membahas penggunaan baja galvanis, beserta karakteristiknya dan cara pembuatannya. Selain itu, kami akan memberi tahu toko besi untuk mendapatkan bahan bangunan Anda dengan harga besi beton yang bersaing.

Baja galvanis, karakteristik, dan metode pembuatannya

Baja adalah paduan logam yang terdiri dari karbon dan juga besi. Bahan ini telah diproduksi dengan tujuan untuk menahan serangan kimia dan korosi. Selain karbon, elemen lain telah ditambahkan sehingga dapat menahan tekanan ini dengan baik.

Nikel, kromium, mangan, atau bahkan molibdenum digunakan secara khusus. Menambahkan bahan-bahan ini tidak cukup untuk memaksimalkan kemajuan baja. Tanpa perlindungan yang efektif, bahan ini berkarat, menyebabkan biaya perawatan yang tinggi, belum lagi kerugian dari segi estetika. Inilah sebabnya mengapa pembangun mencari cara untuk melestarikannya dari efek berbahaya dari korosi. Ide menggembleng demikian muncul.

Teknik ini terdiri dari melapisi bahan dengan lapisan seng agar tidak lagi terkena karat. Ada dua teknik untuk galvanisasi baja. Di satu sisi, ada galvanisasi terus menerus, yang terdiri dari memasukkan gulungan baja yang sebelumnya dibuka ke dalam bak seng. Produk-produk yang dihasilkan dari proses ini umumnya diberi pra-pernis sesudahnya.

Di sisi lain, ada hot-dip galvanizing yang membutuhkan perendaman bagian baja dalam rendaman seng cair. Suhu harus mencapai 450 ° C agar prosesnya efektif. Baik di dalam maupun di luar produk galvanis yang dilindungi.

Penggunaan Baja Galvanis

Baja galvanis memiliki lapisan akhir yang dapat berupa logam. Ini menawarkan peningkatan ketahanan terhadap abrasi dan korosi di lingkungan basah. Selain itu, konduktivitas termalnya relatif rendah jika dibandingkan dengan logam lain. Tapi hati-hati; penggunaan bahan ini memerlukan tindakan pencegahan tertentu.

Misalnya, menggabungkannya dengan baja non-galvanis dilarang karena lapisan seng berisiko hilang. Mereka luas dan beragam di bidang penerapan baja galvanis. Yang terakhir ini dapat digunakan sebagai bahan penutup atap, untuk pembuatan perkakas, gudang, dan gerbang, untuk produksi talang, cerobong asap, atau pipa ledeng, dan untuk pameran karya seni seperti jembatan.

Proses galvanisasi dapat ditemukan di banyak aplikasi dalam kehidupan kita sehari-hari, dimulai dengan konstruksi tetapi juga dalam transportasi atau elektronik. Kami menemukan lembaran dan tabung galvanis di :

  • Teknik sipil: struktur logam bangunan (balok, dll.), struktur pembangkit bahan bakar atau menara listrik, jembatan, tangga dan pegangan tangan, trotoar, balkon, tenda, dll.;
  • Beton bertulang: batang galvanis banyak digunakan di lingkungan dengan salinitas tinggi atau iklim buruk.
  • Industri otomotif: spatbor dan elemen bodywork lainnya;
  • Perabotan perkotaan: bangku, kanopi, rambu lalu lintas, pagar pengaman, ayunan, dll.;
  • Rekayasa pedesaan: fasilitas dalam atau luar ruangan untuk hewan, rumah kaca, rumah jagal, dll.;
  • Infrastruktur transportasi: struktur kereta api atau kapal, bandara, catenary, pagar, rel, dll.;
  • Perangkat pemasangan: sekrup, mur, ring, paku (perhatikan, beberapa berlapis seng);
  • Seni: patung, monumen, elemen logam dekoratif untuk taman, dll.

Keuntungan dari proses galvanisasi

Mitra Perkasa mengutip sepuluh manfaat dari proses galvanisasi:

Daya Tahan Luar Biasa

  • Lapisan seng setebal 80 mikron yang diperoleh dari proses galvanisasi dapat bertahan:
  • Hingga 100 tahun di lingkungan pedesaan
  • 40-100 tahun di lingkungan perkotaan
  • 20-40 tahun di lingkungan industri
  • 10-20 tahun di lingkungan laut

Tidak ada biaya Perawatan

Pelapis galvanis tidak memerlukan perawatan untuk menjamin sifatnya.

Rasio biaya-manfaat yang sangat baik

Menggalvanisasi bahan tidak jauh lebih mahal daripada mengecat, dan tidak seperti pelapis cat, biaya perawatan galvanisasi adalah nol.

Fleksibilitas Luar Biasa

Proses galvanisasi dapat diterapkan pada semua jenis bagian, dari mur atau baut hingga permukaan struktural besar seperti profil logam.

Resistensi yang hebat

Lapisan seng metalurgi dari baja yang diperoleh dengan hot-dip galvanizing sangat tahan terhadap goncangan dan abrasi. Tidak seperti jenis pelapis lainnya, seperti seng, itu menyumbat kerusakan yang disebabkan oleh kerusakan dan goresan pada material.

Kompatibilitas yang sangat baik

Logam galvanis dapat dicat dan dikombinasikan dengan struktur beton, baja tahan karat, dan aluminium untuk memodifikasi estetika dan lebih meningkatkan daya tahannya.

Pengelolaan total

Logam galvanis dapat dilas atau dibaut, mengurangi tenggat waktu konstruksi.

Kecepatan Luar Biasa

Proses hot-dip galvanizing memungkinkan potongan untuk digunakan segera, terlepas dari kondisi cuaca, atau disimpan untuk waktu yang lama tanpa takut rusak.

Profesionalisme total

Para profesional galvanis memberikan saran tentang alternatif terbaik untuk menggembleng potongan, berkaitan dengan bahan, tenaga kerja yang akan digunakan, dan bahkan desain potongan.

Kesimpulan

Namun, mendapatkan yang berkualitas tinggi akan menguntungkan Anda jika Anda membutuhkan baja galvanis untuk penggunaan apa pun. Tetapi mendapatkan besi berkualitas tinggi dapat menjadi tantangan, terutama jika Anda mencari distributor besi untuk pertama kalinya. Oleh karena itu, kami sarankan Anda berbelanja di SMS Perkasa.

Tinggalkan komentar