IDN Blogger
obat-gatal-kulit

Obat Gatal Kulit yang Ampuh Menurut SehatQ? Simak 6 Nama Obatnya!

Obat Gatal Kulit yang Ampuh Menurut SehatQ? Simak 6 Nama Obatnya! – Halo sobat IDNBlogger. Apakah diantara teman-teman pernah mengalami rasa gatal pada kulit yang berkepanjangan? Mungkin beberapa orang pernah mengalaminya, dan pasti terdapat beberapa penyebab dari masalah gatal pada kulit tersebut. Maka langkah yang harus Anda ambil segera yakni membeli obat gatal kulit di apotek atau berkonsultasi ke dokter spesialis.

Jika memang rasa gatal pada kulit tidak hilang, dan Anda memilih untuk menggaruknya terus-menerus justru akan mengganggu aktifitas. Meskipun dengan menggaruknya akan menghilangkan rasa gatal sementara, melainkan dengan menggaruknya terus-menerus akan menyebabkan masalah kulit lainnya.

Penyebab Gatal Kulit

obat gatal kulit

Penyebab gatal kulit juga sangat beragam, mulai dari kulit kering, alergi, terkena zat iritan, memiliki penyakit kulit, gigitan serangga, gangguan psikologis, atau riwayat penyakit kulit yang pernah dimiliki, hingga kondisi medis.

Penyebab gatal kulit juga dapat disebabkan oleh proses pemulihan kulit akibat berbagai macam luka, seperti luka bakar, atau luka sayatan. Tentu, macam-macam luka yang berhubungan dengan kulit akan memberikan dampak gatal pada kulit, yang akan membuat seseorang ini akan terus menggaruk-garuk luka tersebut.

Perlu Anda ketahui juga bahwa gatal kulit ini dapat menyerang bagian tubuh tertentu, bahkan seluruh bagian tubuh. Dan, gejala gatal kulit pun dapat diprediksi yakni munculnya gejala seperti kulit kering, kulit bersisik, kulit ruam, hingga bentol-bentol.

Obat Gatal Kulit yang Ampuh Menurut SehatQ? Simak 6 Nama Obatnya!

Maka dari itu SehatQ memberikan beberapa rekomendasi nama obat gatal kulit yang dapat Anda beli di apotek untuk mengatasi gatal pada kulit. Pada dasarnya, membeli obat gatal kulit ini hanya  untuk membantu meringankan rasa gatal yang timbul pada kulit.

Obat gatal kulit ini, bisa Anda dapatkan melalui resep dokter, atau dapat Anda beli secara bebas di apotek, berikut saya ulas beberapa nama obat yang dapat Anda beli di apotek untuk mengatasi gatal pada kulit.

1. Antihistamin

Jika memang rasa gatal yang timbul diakibatkan oleh alergi yang Anda miliki, Anda dapat mencari dan membeli obat berupa Antihistamin di apotek terdekat.

Antihistamin dapat bekerja dengan cara menghambat produksi histamin pada kulit yang timbul rasa gatal. Dan terdapat pula beberapa jenis obat Antihistamin yang dapat dengan ampuh meringankan rasa gatal yakni Chlorpheniramine, Diphenhydramine, serta Brompheniramine.

Obat gatal kulit ini memiliki efek samping yakni kantuk, sehingga sangat disarankan untuk mengonsumsi obat gatal kulit ini pada malam hari, dan hindari mengonsumsi obat ini pada saat mengendarai kendaraan.

2. Kortikosteroid

Berikutnya adalah Kortikosteroid. Kortikosteroid dapat bekerja dengan cara menghambat peradangan dalam tubuh dan dapat menenangkan kulit gatal. Maka dari itu obat ini dapat meringankan rasa gatal yang timbul yang disebabkan oleh alergi, atau eksim.

Obat Kortikosteroid ini tersedia dalam berupa tablet minum dan obat oles, seperti salep. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan salep gatal kulit ini, baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Karena, hidrokortison tidak boleh digunakan dalam jangka waktu yang panjang, sebaiknya Anda hentikan dalam beberapa hari setelah penggunaan.

3. Obat Antigatal Non Kortikosteroid

Obat gatal kulit non kortikosteroid bisa Anda temukan dalam berbagai macam, seperti krim, salep, lotion, gel, atau bahkan bedak. Anda sendiri dapat membeli obat ini dengan bebas di apotek tanpa resep yang disarankan dokter.

Obat ini hanya meringankan rasa gatal yang timbul secara sementara, seperti gigitan serangga, atau masalah kulit lainnya.

4. Antidepresan

Selanjutnya adalah Antidepresan, memang obat ini bukan obat khusus yang dibuat untuk meredakan gatal. Namun, obat ini memiliki efek yang di mana dapat melemahkan sensor gatal pada tubuh, sehingga tubuh tidak dapat membaca di mana letak gatal yang sebenarnya.

Obat ini hanya dapat Anda dapatkan melalui resep dokter, dan untuk penggunaannya pun Anda harus dalam pengawasan dokter.

5. Antibiotik

Jika rasa gatal yang ditimbulkan merupakan akibat dari infeksi bakteri, maka Anda dapat mencoba obat gatal kulit berupa Antibiotik, penggunaan obat jenis ini juga harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter, obat ini juga tersedia dalam berupa oral, antibiotik oles mungkin juga rekomendasi dari resep dokter.

Dan biasanya dokter juga akan memberikan Antibiotik dengan dosis yang sedikit, dikarenakan penggunaan Antibiotik tidak boleh digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

6. Krim Pelembap

Obat berikutnya yakni krip pelembap, krim ini dapat Anda gunakan dan dapat membantu kulit agar tetap terhidrasi, sehingga dapat mencegah kulit kering.

Untuk mendapatkan efek yang optimal saat digunakan, Anda dapat memasukkan krim tersebut ke lemari pendingin terlebih dahulu, dan setelah itu Anda dapat mengoleskannya ke area kulit yang timbul rasa gatal sewaktu-waktu. Anda juga dapat mengoleskan krim setelah mandi, dalam artian kondisi kulit masih lembap.

Upaya yang Dapat Dilakukan sebagai Alternatif Obat Gatal Kulit

Adapun upaya yang dapat Anda gunakan untuk meringankan rasa gatal pada kulit dengan berbagai cara di rumah, sebagai alternatif obat.

Silakan simak ulasannya di bawah :

Kompres air dingin

Menggunakan kompres air dingin dapat meredakan rasa gatal yang ditimbulkan oleh kulit. Dengan membasahi handuk dengan air dingin, peras handuk, kemudian tempelkan pada area kulit yang terasa gatal selama 10 menit.

Mandi Oatmeal

Oatmeal dapat menjadi obat kulit gatal alami karena kandungan antioksidan serta antiradang yang dimilikinya. Oatmeal dapat mencegah rasa gatal pada permukaan kulit dan bisa memblokade kelembapan pada kulit, maka dengan cara ini rasa gatal dapat ditangani sekaligus dihindari.

Gunakan Humidifier

Upaya selanjutnya yang dapat dilakukan sebagai alternatif ialah menggunakan humidifier, humidifier sendiri berguna untuk menjaga kelembapan suatu ruangan, sehingga Anda dapat mencegah rasa gatal yang timbul.

Hindari pemicu rasa gatal

Jika sebelumnya Anda memang sudah tahu suatu hal atau zat yang dapat memicu rasa gatal, sebaiknya Anda hindari. Misalnya, Anda menghindari berbagai produk perawatan kulit, sabun, parfum, tanaman, dan segala sesuatu yang memicu rasa gatal.

Jangan Stres

Menurut SehatQ, stres juga dapat memicu timbulnya gatal-gatal pada kulit, maka dianjurkan Anda untuk tidak mengalami stres.

Minum banyak Air Putih

Memang, manusia setiap harinya wajib meminum air putih sesuai dengan porsi tubuhnya, dengan ini meminum banyak air putih juga dapat mencegah timbulnya rasa gatal-gatal pada kulit, ini juga dapat menjaga kulit terhidrasi dengan baik.

Pesan dari SehatQ perihal Penggunaan Obat Gatal Kulit

Penggunaan obat gatal kulit di apotek juga harus Anda sesuaikan dengan penyebabnya. Jangan sembarang membeli dan menggunakannya.

Sebaiknya Anda konsultas dengan dokter terlebih dahulu, agar Anda mendapatkan rekomendasi obat di apotek dengan benar.

Kesimpulan

Dari sekian banyak poin di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa timbulnya rasa gatal di kulit dapat disebabkan dari beragam akibat seperti kulit kering, alergi, gigitan serangga, terkena zat iritan, dan masih banyak lagi.

Seringkali jika kita merasa gatal, kita menggaruk terus-menerus area gatal pada kulit, memang cara tersebut akan menghilangkan rasa gatal sementara. Namun, jika terus-menerus menggaruk kulit, itu juga akan menimbulkan masalah lain terhadap kulit Anda.

Adapun berbagai macam obat yang Anda coba menurut rekomendasi SehatQ, terdapat 6 obat yang dapat Anda cari di apotek ataupun dengan cara meminta resep dokter, adapun upaya yang dapat kita lakukan di rumah yang dapat dilakukan sebagai alternatif obat gatal kulit.

Akhir Kata

Nah, itulah tulisan yang dapat saya berikan pada artikel dengan judul Obat Gatal Kulit yang Ampuh Menurut SehatQ? Simak 6 Nama Obatnya! Anda juga dapat mengunjungi situs SehatQ untuk membaca artikel kesehatan lainnya, semoga dapat menjawab pertanyaan Anda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Ajat Zatnika

Halo, saya Ajat bukan siapa-siapa hanya pribadi yang ingin bermanfaat bagi orang lain.

Add comment

Ikuti Kami

Jangan malu untuk menjadi bagian dari kami. Ikuti halaman fanspage kami untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami.