IDN Blogger
cara-mematikan-antivirus-windows-10

Cara Mematikan Antivirus di Windows 10, dijamin Mudah

Cara Mematikan Antivirus di Windows 10 – Halo sahabat IDN Blogger. Generasi ke generasi, sistem operasi Windows memiliki tampilan yang semakin modern, membahas Windows sebagaimana para pengguna Windows telah menggunakan Windows 10 yang merupakan sistem operasi terbaru yang dirilis oleh Microsoft, yang telah disisipi antivirus yang cukup powerful. 

Antivirus yang dibekali pada setiap versi Windows ini bernama Windows Defender yang berguna untuk memfiltrasi file/folder yang terinsfeksi oleh malware, sementara itu kita sebagai user pun sebaiknya kita perlu juga untuk mematikannya dengan alasan tertentu.

Kenalan dulu sama Windows Defender 

Windows Defender ini merupakan suatu software penting yang di develop(dikemangkan) oleh Microsoft Windows guna dapat melengkapi fitur pada windows versi terbaru, yakni Windows 10. Antivirus ini merupakan suatu pembaruan keamanan yang diberikan Windows untuk menggantikan Microsoft Security Essential pada beberapa versi Windows lawas. 

Namun, menurut saya pribadi Windows Defender ini sangatlah ketat, mengapa demikian? Karena Windows Defender ini akan terasa dampaknya pada saat pengguna mencoba untuk menginstall/memasang software, terutama mengakses software ataupun file yang berbau privasi. Windows Defender ini akan menganggap bahwa software/file tersebut sebagai virus, dan memblokirnya.

Maka dari itu sebaiknya kita mematikan antivirus tersebut secara sementara untuk dapat menggunakan beberapa fitur yang sebelumnya diblokir

Cara Mematikan Antivirus di Windows 10

cara mematikan antivirus windows 10

  1. Ketikkan Windows Defender pada kolom pencarian di Windows 10.
  2. Kemudian buka menu Virus & Threat Protection.
  3. Setelah itu buka menu Virus & Threat Protection Setting.
  4. Setelah menu Virus & Threat Protection Setting terbuka, silakan untuk menonaktifkan semua proteksi dengan cara menekan tombol saklar menjadi hingga menjadi off.

Maka dengan demikian proteksi atau Antivirus Windows Defender ini telah sepenuhnya nonaktif, dan bagaimana jika pengguna ingin mengaktifkannya lagi? Mudah, Anda hanya perlu menekan tombol saklar pada tahap ke-4 menjadi on kembali, maka antvirus akan bekerja secara normal kembali.

Ada yang perlu perhatikan sebelum Anda menonaktifkan menu Virus & Threat Protection ini, dikarenakan ini dapat membahayakan perangkat kita sendiri, dan sangat disarankan jika Anda menonaktifkan menu ini jangan terlalu lama, dikarenakan Windows Defender ini sangat berperan penting untuk melindungi data-data pada perangkat kita.

Windows Defender ini sebenarnya merupakan aplikasi All-in-One, bagaimana tidak? Windows Defender ini tidak hanya Antivirus, melainkan banyak sekali fitur-fitur perlindungan yang ditawarkan seperti Firewall untuk melindungi perangkat komputer kita.

Tetapi sekuat apapun Windows Defender ini, dapat kita nonaktifkan secara sementara guna dapat menggunakan beberapa software yang dianggap virus/berbahaya sebelumnya, sehingga kita dapat menggunakan software yang dianggap berbahaya tersebut dengan leluasa tanpa ada notifikasi blokir dari Windows Defender ini.

Inilah yang membuat saya percaya terhadap Antivirus pada Windows ini yang dicap cukup powerful untuk menghalangi file-file yang terinfeksi untuk masuk ke dalam perangkat komputer. Dengan begitu Windows Defender menjaga file-file yang terdapat di komputer Anda tetap aman.

Berbeda dengan versi Windows sebelumnya, memang Windows Defender ini dapat kita temui pada versi Windows sebelumnya, tapi dirasa Windows Defender belum terlalu banyak yang menggunakannya, dalam artian masih banyak orang-orang yang menginstall antivirus pihak ketiga untuk menjaga file-file di komputer.

Akhir Kata

Windows Defender memang merupakan software powerful yang dikembangkan oleh Microsoft guna dapat mengamankan komputer dari serangan-serangan yang membahayakan yang bersumber dari pihak luar.

Nah, itulah tips cara mematikan antivirus Windows 10 pada artikel ini, saya harap artikel ini membayar rasa penasaran Anda, serta dapat membantu Anda untuk mematikan antivirus pada sistem operasi Windows dengan mudah, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Ajat Zatnika

Halo, saya Ajat bukan siapa-siapa hanya pribadi yang ingin

Add comment

Ikuti Kami

Jangan malu untuk menjadi bagian dari kami. Ikuti halaman fanspage kami untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami.