IDN Blogger
Suplemen Penambah Nafsu Makan Anak

Suplemen Penambah Nafsu Makan Anak, Pentingkah?

Suplemen penambah nafsu makan anak – Memiliki anak dan balita yang lahap memang sering menjadi idaman orang tua. Namun yang harus dipahami bahwa nafsu makan si kecil ini tidak bisa ditebak. Kadang sangat lahap mengkonsumsi makanan yang disajikan namun ada juga saat menggeleng dan tidak selera makan.

Suplemen Penambah Nafsu Makan Anak
Image by KhamKhor from Pixabay

Jika anak sering GTM membuat cemas karena membuat asupan nutrisi dan gizi anak menjadi terganggu. Lalu perlukah memberikan suplemen penambah nafsu makan anak agar nafsunya meningkat dan terjaga dengan baik?

Penyebab Hilangnya Nafsu Makan

Sebelum Anda tahu perlukan suplemen penambah nafsu makan anak tersebut ada baiknya jika Anda tahu apa saja yang menyebabkan nafsu makan jadi hilang. Penyebab hilang nafsu makan adalah si kecil makan di jeda waktu istirahat makan sehingga sudah kenyang di saat jam makan. Yang kedua adalah terlalu banyak mengkonsumsi air atau jus di waktu makan. Terakhir adalah aktivitas yang dilakukan ini tidak terlalu banyak sehingga energi ini menjadi tidak terbakar.

Pentingkah Suplemen Penambah Nafsu Makan Anak?

Nafsu makan anak ini memang sulit untuk ditebak. Dia bisa sangat lahap namun di hari berikutnya berubah drastis bahkan menolak makanan yang ditawarkan. Kondisi tersebut adalah hal yang wajar. Pemberian vitamin dan juga suplemen ini menjadi pilihan.

Untuk anak yang mengkonsumsi obat-obatan tertentu penggunaan suplemen ini harus dengan konsultasi terlebih dahulu. Untuk anak yang tidak memiliki keluhan dan tidak sedang mengkonsumsi obat-obatan suplemen ini bisa diberikan saat anak usianya 1 tahun ke atas. Suplemen penting untuk membuat nafsu makan anak terjaga dengan baik.

Perhatikan Kandungan dalam Suplemen

Untuk mendapatkan hasil yang efektif dan tidak mendapatkan suplemen abal-abal penting untuk mengetahui kandungan yang ada di dalam suplemen tersebut. Ada beberapa kandungan di dalam suplemen yang memiliki peran dalam menambah nafsu makan sehingga berat badan balita bisa bertambah. Pastikan beberapa kandungan dibawah ini ada di dalam suplemen penambah nafsu makan anak yang Anda pilih:

1. Zinc

Suplemen penambah nafsu makan anak yang Anda pilih ini harus ada kandungan zinc di dalamnya. Anak yang kekurangan zinc di dalam tubuhnya ini bisa kekurangan nafsu makan. Zinc ini juga bisa meningkatkan kandungan seng di dalam darah. Pemberian vitamin maupun suplemen ini dosisnya harus tepat dan sesuai dengan takarannya.

2. Zat Besi

Nafsu makan anak menurun bisa karena anak kekurangan zat besi. Zat besi ini sangat diperlukan dalam tumbuh kembang anak. Dikutip dari Mayo Clinic, zat besi memiliki peran dalam memindah oksigen di paru-paru maupun di seluruh tubuh. Selain itu zat besi ini juga membantu otot dalam menyimpan dan juga menggunakan oksigen.

Beberapa anak yang berisiko kekurangan zat besi adalah bayi dengan berat badan rendah, anak yang minum susu sapi sebelum usianya menginjak usia satu tahun, pemberian makanan pendamping MPASI yang didalamnya tidak mengandung zat besi. Anak yang kurang zat besi juga akan kekurangan nafsu makan.

Anak dengan usia 1-5 tahun membutuhkan zat besi 7-10 mg per harinya. Anda bisa berkonsultasi ke dokter jika si kecil ini memiliki tanda kekurangan zat besi. Tandanya adalah wajah pucat, mudah lelah, tangan dan juga kaki dingin, tidak nafsu makan, dan nafas tidak teratur.

Yang harus diingat adalah meski anak sudah diberikan suplemen vitamin, sebaiknya tetap mendorong anak untuk bisa mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang. Hal itu karena kebaikan vitamin dan juga mineral alami yang ada dalam makanan seperti sayur maupun buah ini tidak bisa terganti.

3. Minyak Ikan

Pastikan suplemen nafsu makan yang Anda pilih ini mengandung minyak ikan seperti StarKidz Fish Oil yang mana menjadi nutrisi dan juta multivitamin harian untuk anak dengan usia 1 tahun ke atas. Selain minyak ikan suplemen ini diperkaya dengan multivitamin dan juga temulawak organik yang mana diformulasikan untuk bisa memenuhi kebutuhan vitamin dan juga perkembangan otak anak Anda sejak usia 1 tahun.

suplemen penambah nafsu makan anak
suplemen penambah nafsu makan anak

Multivitamin ini juga sudah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI yang sudah teruji kualitasnya baik secara syariat maupun kehalalannya. Selain bisa menambah nafsu makan StarKidz Fish Oil bisa memenuhi kebutuhan vitamin selama masa pertumbuhan, membantu memelihara kesehatan dan juga mampu membantu memperbaiki nafsu makan.

Dosisnya adalah usia 1-6 tahun 1 kali dalam sehari 1 tutup takar, untuk anak dengan sia 6-12 tahun dosisnya 2 kali dalam sehari 1 kali tutup takar. Kelebihan dari suplemen ini adalah mengandung minyak ikan 3 kali lebih banyak. Selain itu terbuat dari bahan baku temulawak organik dengan proses budidaya yang terkontrol. Yang terakhir memiliki kandungan multivitamin yang lebih lengkap dan juga tinggi.

4. Vitamin D

Anda bisa memilih suplemen penambah nafsu makan anak yang mengandung vitamin D. Vitamin ini memiliki peran dalam menyerap kalsium yang ada di dalam tubuh dan menjaga kadar tetap normal. Hal ini yang membuat vitamin D sangat penting dalam menjaga tumbuh kembang tulang maupun gigi si kecil. 

Suplemen penambah nafsu makan untuk si kecil ini sebaiknya mengandung vitamin D yang berperan sebagai penguat tulang dan juga gigi. Suplemen ini bisa diberikan dengan dosis 15 mcg per harinya dan dianjurkan untuk usia 2-5 tahun.

5. Kalsium

Berat badan dan juga nafsu balita ini juga ada hubungannya dengan kepadatan tulang. Untuk bisa menambah kepadatan tulang ini dianjurkan mengkonsumsi cukup kalsium. Jika anak alergi terhadap makanan tertentu jangan memilih suplemen secara sembarangan agar alergi menjadi tidak muncul.

Kini Anda sudah tahu cara menambah nafsu makan pada anak beserta kandungan yang harus ada di dalamnya, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter jika tumbuh kembang anak tidak maksimal.

IDN Ahmad

Content Creator, Graphic Designer, UI / UX Designer

Add comment

Ikuti Kami

Jangan malu untuk menjadi bagian dari kami. Ikuti halaman fanspage kami untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami.