IDN Blogger
Cara Mengatasi Server Website Down

Cara Mengatasi Server Website Down Dengan Mudah

Cara Mengatasi Server Website Down – Saat Anda melakukan browsing pada website tertentu, seringkali website tersebut tidak bisa dibuka atau diakses. Hal yang harus Anda lakukan adalah tidak panik dan coba cari tahu dulu apa penyebabnya dan setelah itu coba lakukan perbaikan agar sesuatu yang penting bisa dilanjutkan dengan efektif dan normal kembali. Jangan panik berikut adalah cara mengatasi server down!

Terjadinya website atau server down memang seringkali akan mengganggu kegiatan akses suatu website yang Anda lakukan. Apalagi jika sebuah website tersebut digunakan untuk sebuah bisnis atau pekerjaan yang sangat penting, maka performa pasti akan menurun. Jangan panik simak inilah beberapa penyebab dan cara mengatasi server down yang bisa Anda coba lakukan!

Cara Mengatasi Server Website Down Dengan Mudah

Untuk mengatasi rasa kepanikan Anda saat server sedang mengalami down, berikut adalah berbagai penyebab dan cara mengatasinya.

1. Melakukan Upgrade

Penyebab paling umum terjadinya server down adalah saat kebanjiran trafik atau traffic sedang membludak. Kejadian tersebut seperti saat Anda sedang mengunjungi salah satu website yang sedang menggelar promo tertentu, dan pastinya akan banyak pengunjung yang mengakses halaman tersebut dalam waktu bersamaan.

Jadi hal tersebut akan menyebabkan website menjadi down dan akan membuat server tidak dapat menangani sebuah permintaan data dengan baik dan efektif. Hal tersebut biasanya akan membuat akses menjadi lambat dan bahkan tidak bisa dibuka sama sekali. Nah maka dari itu Anda perlu melakukan upgrade saat kebutuhan website Anda semakin meningkat.

2. Melakukan Pengecekan Setting DNS

Selanjutnya dalam cara mengatasi server down selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan pada setting DNS di cPanel apakah sudah sesuai atau belum. Karena seperti yang Anda ketahui bahwa salah satu penyebab website down karena terjadinya sebuah kendala pada DNS. Sementara DNS sendiri merupakan sistem yang memudahkan komunikasi internet yang menggunakan URL.

Maka dari itu Anda harus mengatur DNS dengan benar agar mampu mengarah ke website yang tepat, terutama saat mengetikkan sebuah alamat website. Jika sudah mengecek setting masih mengalami kendala maka Anda bisa menghubungi customer service untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut dan informasi lebih jelas.

3. Selalu Meningkatkan Keamanan Website

Cara mengatasi server down selanjutnya adalah dengan lebih meningkatkan keamanan website dari serangan hacker, karena setiap saat pasti banyak sekali terdapat serangan hacker yang dapat mengganggu website seperti malware, XSS, SQL Injection dan DdoS. Pada umumnya para hacker sering menggunakan serangan DDoS yang bisa menyebabkan server website menjadi down.

Pada umumnya para peretas atau hacker akan meretas dan akan membanjiri website dengan trafik yang palsu hingga server kewalahan dalam melayani permintaan pengguna. Serta biasanya serangan bernama DDoS tersebut akan ditujukan ke website dengan memiliki sistem keamanan yang rendah. Maka dari itu Anda harus selalu meningkatkan keamanan website Anda.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan atau memakai layanan keamanan dari pihak ketiga seperti CloudFlare.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa cara mengatasi server down yang bisa Anda coba lakukan saat sebuah website sulit dibuka. Maka dari itu pertimbangkan beberapa cara tersebut dengan baik agar website Anda bisa diakses online kapan saja dan mudah diatasi jika sedang mengalami kendala. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman sekalian dalam mencari sebuah Cara Mengatasi Server Website Down Dengan Mudah dan Cepat, lebih dan kurang saya mohon maaf dan apabila kamu memiliki kendala terkait artikel diatas silahkan komen melalui form komentar dibawah artikel ini sekian dan terima kasih.

IDN Ahmad

Content Creator, Graphic Designer, UI / UX Designer

Add comment

Ikuti Kami

Jangan malu untuk menjadi bagian dari kami. Ikuti halaman fanspage kami untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami.