IDN Blogger
Cara Memperluas Jaringan Wifi

Inilah Cara Memperluas Jaringan Wifi Dengan Router

Cara Memperluas Jaringan Wifi – Apabila jaringan wifi Anda hanya tertangkap pada bagian rumah tertentu, sedangkan pada bagian rumah yang lain tidak tertangkap, tidak usah khawatir. Ternyata jaringan wifi dapat diperluas loh, sehingga Anda bisa mengakses wifi dimana saja, ketika Anda di rumah.

Cara Memperluas Jaringan Wifi Dengan Router

Menarik bukan? Yuk simak informasi mengenai cara memperluas jaringan wifi dengan router, berikut ini!

1. Mengubah Tempat Pemasangan Router Wifi

Mengubah penempatan router wifi ternyata berpengaruh terhadap jangkauan jaringan. Jaringan wifi biasanya akan terhambat apabila terkena benda seperti dinding, plester, atau benda yang dapat menghalangi jaringan lainnya. Selain dipengaruhi oleh benda yang dapat menghalangi jaringan, hal lain yang dapat mempengaruhi jangkauan jaringan ialah penggunaan perangkat elektronik.

Mengapa? Karena perangkat elektronik tersebut akan menimbulkan gelombang yang dapat mengganggu gelombang dari perangkat lainnya. Contohnya ialah penggunaan microwave atau telepon nirkabel. Tidak percaya? Coba Anda buktikan sendiri.

2. Mengganti Antena Router

Seiring berkembangnya zaman, teknologi terus mengalami perkembangan. Perkembangan tersebut akan dilengkapi dengan fitur terbaru dan dapat dikatakan memiliki kelebihan yang lebih unggul dibandingkan versi sebelumnya.

Sama halnya dengan router, mungkin anda perlu mengganti router Anda, supaya mampu mengakomodasi sinyal jaringan secara optimal. Carilah router dengan antena yang lebih kuat.

3. Menambah Amplifier Sinyal

Signal booster atau penguat sinyal yang terdapat pada router, access point, atau wifi client jika dianggap belum dapat mengoptimalkan penyebaran sinyal jaringan, maka Anda dapat menggunakan bi-directional amplifier untuk memperkuat sinyal nirkabel.

Entah dalam mengirim atau menerima data. Wifi juga memanfaatkan penggunaan transmisi bidirectional atau sinyal dua arah, sehingga penggunaan amplifier dapat meningkatkan sinyal jaringan yang didapat.

4. Menggunakan Wireless AP Tambahan

Jika penggunaan wireless acces point dianggap kurang optimal dalam menyebarkan sinyal jaringan, maka tambahkanlah penggunaan access point (AP). Jika jumlah access point yang digunakan bertambah banyak, maka jangkauan jaringan kemungkinan akan mencapai setiap sudut rumah. Jangan lupa, penambahan access point ini harus dihubungkan ke router utama.

Hal ini bertujuan untuk memanfaatkan fungsi access point yang lainnya sebagai pengganti router, sehingga jaringan Anda akan lebih stabil. Bahkan beberapa router juga menawarkan fitur access point mode untuk memaksimalkan penyebaran sinyal jaringan ini.

5. Menambah Wifi Extender

Cara memperluas jaringan wifi dengan router yang terakhir adalah dengan menambahkan wifi extender. Wifi extender merupakan sebuah alat yang berdiri sendiri diluar jangkauan router dan acces point. Wifi extender berfungsi untuk menyalurkan sinyal ke area yang lebih jauh. Keuntungan jika Anda menggunakan wifi extender adalah meskipun posisi Anda jauh dari router atau access point, akan tetapi Anda tetap dapat mengakses jaringan nirkabel lokal yang sama. Hal ini biasanya disebut dengan relay dua arah.

Intinya, untuk memperluas jaringan wifi dengan router secara optimal. Anda perlu melakukan beberapa langkah diatas, jika perlu cobalah kelima cara tersebut supaya jaringan sinyal di rumah Anda akan lebih optimal, dan merata di seluruh tempat yang ada di rumah Anda. Semoga artikel mengenai cara memperluas jaringan wifi dengan router ini dapat menambah wawasan Anda.

IDN Ahmad

Content Creator, Graphic Designer, UI / UX Designer

Add comment

Ikuti Kami

Jangan malu untuk menjadi bagian dari kami. Ikuti halaman fanspage kami untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami.