IDN Blogger
Jenis Investasi Jangka Panjang Yang Bikin Kaya Di Hari Tua

7 Jenis Investasi Jangka Panjang Yang Bikin Kaya Di Hari Tua

Investasi jangka panjang merupakan pilihan bagi banyak orang yang ingin kaya di hari tua. Oleh karena itu jika anda mempunyai kesempatan untuk berinvestasi jangka panjang maka jangan ragu untuk memulainya.

Walau saat ini banyak orang yang lebih memilih investasi jangka pendek, Namun sebenarnya investasi jangka panjang lebih bagus karena banyak manfaat dan bisa jadi asset yang bagus di masa depan.

Pengertian Investasi Jangka Panjang

Investasi jangka panjang sendiri merupakan suatu penanaman asset dalam jangka waktu lebih dari satu tahun dengan tujuan untuk mencapai keuntungan tertinggi.

Investasi jangka panjang lebih bagus ketimbang menabung sejumlah asset karena asset yang dimiliki bisa lebih bernilai dan menguntungkan di masa depan.

Jenis Investasi Jangka Panjang Yang Bikin Kaya Di Hari Tua

Walaupun membutuhkan waktu yang lama, Namun investasi jangka panjang dinilai lebih menguntungkan ketimbang investasi jangka pendek. Uang yang digunakan untuk investasi jangka panjang bisa naik berkali-kali lipat jika tepat dalam berinvestasi.

Sebelum investasi jangka panjang juga perlu hati-hati dalam memilih seperti halnya investasi jangka pendek karena juga masih memiliki resiko didalamnya. Dan berikut ini jenis investasi jangka panjang yang perlu anda coba.

Jenis-Jenis Investasi Jangka Panjang

Berikut ini jenis-jenis investasi jangka panjang yang merupakan rekomendasi investasi jangka panjang yang bikin kaya di hari tua

1. Properti (Tanah, Bangunan)

Memiliki sebuah properti seperti tanah ataupun bangunan menjadi asset yang berharga dan bisa bernilai di masa depan. Karena belajar dari dahulu kala dimana seperti halnya harga tanah yang dinilai mempunyai harga murah dan saat ini harga tanah terbilang tinggi terutama di lokasi yang strategis.

Nilai investasi properti bisa diperkirakan mengalami peningkatan setiap tahunnya sebesar 20%. Investasi properti memang jarang dipilih terutama untuk anak muda karena modalnya perlu tinggi.

Walau modal yang diperlukan untuk investasi jangka panjang di bidang properti dinilai tinggi, Namun return untuk di masa depan bisa lebih berkali-kali lipat dari modal semula.

2. Mulia (Emas)

Logam mulia emas juga bisa menjadi asset yang berharga dan menguntungkan di masa depan. Pasalnya Emas setiap tahun selalu mengalami kenaikan harga dan mempunyai nilai jual yang tinggi.

Untuk investasi jangka panjang dengan menyimpan sebuah emas juga terbilang mudah ketimbang investasi jangka panjang lainnya. Dimana untuk membeli emas kita hanya perlu ke toko emas terdekat dan cukup menyimpannya baik-baik.

3. Reksadana Saham

Reksadana saham menjadi pilihan investasi jangka panjang ketiga yang bisa bikin kaya di hari tua. Berbeda dengan saham, Nantinya untuk pembelian saham akan dibantu oleh manager investasi (MI) dalam pemilihan saham terbaik.

Tentu saja investasi reksadana saham juga masih beresiko sama halnya dengan investasi saham. Akan tetapi keuntungan yang diperoleh juga tinggi jika kita investasi untuk jangka panjang.

4. Saham Bluechip

Investasi dengan pembelian saham perusahaan juga menguntungkan. Dengan membeli saham maka kita juga termasuk dalam bagian kecil dalam kepemilikan perusahaan.

Jika anda belum paham saham, Saham merupakan surat berharga suatu perusahaan dan jika anda membelinya maka anda juga termasuk bagian kepemilikan perusahaan meskipun hanya 0,00000001%.

Setiap tahun perusahaan juga membagi keuntungan ke pemilik saham atas deviden atau pembagian laba. Sehingga hal ini juga menguntungkan kita sebagai pemilik saham jika mempunyai saham perusahaan walau dalam jumlah kecil.

Untuk investasi saham, Kita harus paham betul atas saham yang dibeli dan juga perlu mengalisis secara teknikal atau fundamental.

5. Asuransi

Investasi asuransi juga merupakan investasi yang perlu anda coba untuk memperkecil suatu kerugian atas kejadian di masa depan. Investasi ini merupakan perjanjian antara anda dengan perusahaan asuransi.

Dimana anda akan membayar uang premi ke perusahaan untuk memperkecil segala kerugian yang anda alami dimasa depan. Sehingga jika suatu saat anda mengalami kejadian dan menyebabkan kerugian besar, Maka perusahaan asuransi akan menanggung hal tersebut.

6. Program Pensiun

Dalam program asuransi juga terdapat investasi dana pensiun. Dimana para investor yang berinvestasi pada program ini akan mendapatkan sejumlah dana yang sudah dikembangkan oleh perusahaan.

Jika anda mengikuti investasi ini maka di masa tua nanti anda akan mendapatkan sejumlah dana pensiun dari perusahaan asuransi. Akan tetapi jumlah keuntungan yang diperoleh tidak begitu banyak.

7. Investasi Tabungan Berjangka

Investasi tabungan berjangka juga merupakan investasi yang cukup bagus untuk jangka panjang. Dimana investasi ini mengharuskan anda menabung secara rutin dalam waktu yang sudah disepakati sejak awal.

Tabungan berjangka ini memiliki bunga yang lumayan menguntungkan. Akan tetapi anda tidak bisa mencairkannya sewaktu-waktu dan hanya bisa dicairkan sesuai waktu yang sudah disepakati sejak awal.

Akhir Kata

Itulah beberapa jenis-jenis investasi jangka panjang yang bikin kaya di hari tua. Semoga informasi ini menambah pengetahuan anda mengenai investasi yang bagus untuk jangka panjang.

IDN Achmad

Add comment

Ikuti Kami

Jangan malu untuk menjadi bagian dari kami. Ikuti halaman fanspage kami untuk mendapatkan artikel terbaru dari kami.